TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Museum Topografi Likita Bhutala Yuddha Karya Diresmikan

By 10 Jan 2011 03:17Direktorat Topografi
images_img_dittopad_museumditopad

Pada tanggal 7 Januari 2011, Direktur Topografi Angkatan Darat Brigjen TNI Sutrisno, meresmikan Museum Topografi Angkatan Darat, yang dilaksanakan di Markas Dittopad, Jl. Kalibaru Timur V No. 47, Jakarta Pusat, Jumat (7/1) Siang.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan Perwira, Bintara,Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Dittopad ini, berlangsung meriah. Hadir pula dalam acara ini Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Cabang XVI Dittopad PG Mabesad dan para sesepuh Dittopad baik yang masih aktif maupun yang sudah purna tugas.
 
Dalam amanatnya Dirtopad menyampaikan, bahwa “Museum dapat mengingatkan kita akan sejarah masa lalu dan memberikan pembelajaran yang positif bagi kita yang mengunjunginya”. Lebih lanjut Dirtopad menyampaikan “Museum ini akan menjadi tempat Pengumpulan dan Pengamanan warisan Topografi Angkatan Darat, Dokumentasi dan penelitian ilmiah tentang Alat dan produk Topografi, Konservasi dan peservasi alat dan produk Topografi, Penyebaran dan perataan ilmu Topografi untuk umum, Pengenalan dan penghayatan tentang Topografi masa lalu, Visualisasi warisan Topografi Angkatan Darat, Cermin pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Topografi serta pembangkit rasa Taqwa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

Museum yang diberi nama Likita Bhutala Yudha Karya, terletak di lantai satu Gedung Sudirman Direktorat Topografi Angakatan Darat, terdiri dari dua ruangan utama, yaitu ruang Perpustakaan Peta Topografi dan ruang Museum. Di ruang Perpustakaan Peta Topografi dipamerkan kurang lebih 542 lembar koleksi produk Peta Topografi lama dengan berbagai jenis proyeksi dan lokasi. Beragam koleksi peta dari jaman Belanda, Jepang hingga pemetaan yang dilaksanakan oleh Dittopad dipamerkan disini. Sedangkan diruangan Museum dipamerkan 466 koleksi berbagai alat peralatan Topografi yang pernah di gunakan untuk kegiatan Survei dan Pemetaan Topografi di Indonesia. Beragam koleksi seperti alat teropong bintang, alat ukur sudut dan jarak, alat ukur ketinggian, alat plotting gambar, kamera foto udara beserta hasil foto udara serta alat reproduksi dan percetakan.

Berkenaan dengan peresmian Museum Topografi tersebut, kepada warga Korps Topografi, Dirtopad berharap, Museum Topografi akan menjadi tempat koleksi, konservasi, tempat melakukan riset, pendidikan, rekreasi dan tempat memamerkan alat peralatan, kegiatan serta produk Topografi masa lalu. Selanjutnya beliau mengharapkan juga bahwa Museum Topografi akan banyak dikunjungi para prajurit khususnya prajurit Topografi atau prajurit lain yang terkait dengan Topografi, para pelajar, mahasiswa atau masyarakat yang memerlukannya. (Dittopad/Dispenad)

 

Artikel
Next Post

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Museum Topografi Likita Bhutala Yuddha Karya Diresmikan