TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Direktur Topografi Angkatan Darat Berangkatkan Tim Topografi Ekspedisi Bukit Barisan

By 27 Feb 2011 03:14Direktorat Topografi
images_img_dittopad_expedisi_2722011

Pada tanggal 24 Februari 2011, Direktur Topografi Angkatan Darat Brigjen TNI Sutrisno, memimpin upacara pemberangkatan Tim Topografi Ekspedisi Bukit Barisan, yang dilaksanakan di Lapangan Madittopad, Jl. Kalibaru Timur V No. 47, Jakarta Pusat, Kamis (24/2) siang.

Upacara yang dihadiri oleh para Perwira ,Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Dittopad ini ,berlangsung cukup khidmat. Hadir pula dalam acara ini Wadirtopad, Irdittopad, Sekretaris Dittopad dan Perwira ahli Dittopad.

Dalam amanatnya Dirtopad menyampaikan, bahwa dimasa lalu Tim Ekspedisi Topografi yang dipimpin oleh Prof. Dr. Imade Sandi telah sukses melaksanakan ekspedisi ke Puncak Jaya Wijaya dan menjadi sejarah ekspedisi monumental yang banyak dikenang orang.

Selanjutnya Dirtopad menyampaikan kepada Tim, agar memelihara skill, memperluas wawasan dan profesionalisme Topografi, menjaga semangat, disiplin serta nama baik Topografi di mata masyarakat. Berikan kemampuan terbaik kalian pada Tim yang lain.   Ekspedisi ini merupakan peluang kita semua untuk menunjukan bahwa Topografi memiliki potensi besar yang dapat diberdayakan untuk membangun bangsa dan negara tercinta ini

Ekspedisi Bukit Barisan digagas oleh Kopassus dengan melibatkan beberapa satuan TNI AD yaitu Kostrad dan Topografi diperkuat unsur masyarakat seperti Wanadri, Mapala, Lembaga pengabdian masyarakat dari beberapa Perguruan Tinggi dan media Elektronik . Tim ini akan melakukan kegiatan sesuai tugas masing-masing seperti pendakian, dan penelitian di 7 puncak gunung yang ada di Pulau Sumatra. Tim Topografi berjumlah tujuh personel dipimpin oleh Kapten Ctp Arief Yuniar fajar. Tugas tim Topografi adalah menyiapkan peta rencana ekspedisi, pembuatan route ekspedisi, memandu tim ekspedisi menjalani route, melakukan penelitian potensi yang ada untuk kepentingan pertahanan mulai dari mengambil data/sampel, mengolah data termasuk membuat analisa medan serta pembuatan laporan pelaksanaan Ekspedisi.

Berkenaan dengan Kegiatan Ekspedisi tersebut, kepada warga korps Topografi, Dirtopad berharap dimasa datang Topografi bukan hanya sekedar menjadi peserta tapi menjadi penggagas pelaksanaan ekspedisi. Topografi memiliki potensi lebih dibanding satuan lain untuk melaksanakan kegiatan ekspedisi, orentiering dan kegiatan sejenis, karena Topografi memiliki personel, alat peralatan dan pengalaman yang dibutuhkan. (Ditopad/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Direktur Topografi Angkatan Darat Berangkatkan Tim Topografi Ekspedisi Bukit Barisan