PNS TNI AD Gunakan Seragam Baru

logo-tni-ad-featured-1600×900-1

Terhitung mulai tanggal 1 April 2011, seluruh PNS TNI AD akan menggunakan pakaian seragam kerja yang baru. Seragam kerja baru PNS TNI baik bentuk,  warna dan potongannya sama dengan yang dikenakan PNS di lingkungan  Kementerian Pertahanan.

Peraturan tentang penggunaan seragam baru bagi PNS TNI ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pertahanan No KEP/88/M/V/2009 tanggal 5 Mei 2009  tentang pakaian seragam PNS dilingkungan  Kementerian Pertahanan dan TNI, serta Surat Telegram KASAD  No: ST/507/2011, tanggal 11 Maret 2011,tentang ketentuan penggunaan Seragam PNS  Kemhan bagi PNS TNI AD.

Adapun kelengkapan pakaian seragam PNS Kemhan ditentukan yaitu badge dan lokasi kesatuan dipasang pada lengan baju sebelah kiri sesuai dengan ketentuan penggunaan badge dan lokasi kesatuan masing-masing yang telah berlaku.  Lencana Korpri ditempatkan diatas saku sebelah kiri dan papan nama diatas saku sebelah kanan. Bila memiliki tanda kehormatan negara seperti misalnya Satya Lencana Karya Satya, maka pita harian tanda kehormatan negara tersebut ditempatkan 1 cm di atas saku sebelah kiri. Ikat pinggang bahan nylon warna hitam dengan kepala logam berlambang Kemhan. Sepatu warna hitam berbahan kulit dengan sol bahan karet tinggi tumit maksimal 5 cm.

Untuk  PNS wanita dengan model terbuka tanpa kaos kaki sedangkan  untuk PNS pria menggunakan  kaos kaki warna hitam. Khusus untuk PNS wanita muslimah menggunakan pakaian seragam muslimah yang telah ditentukan dengan memakai kerudung warna hitam polos dan dimasukkan ke dalam kerah baju. Sambil menunggu penerimaan seragam selanjutnya (minimal  dua stel), untuk sementara pemakaiannya ditentukan  hanya pada hari Kamis dan Jumat.

Sedangkan ketentuan penggunaan seragam batik Korpri berdasarkan Keputusan Munas VII Korpri tahun 2009 No. KEP-08/Munas VII/XI/2009 tanggal 19 Nopember 2009 tentang pakaian seragam batik Kopri dan  berdasarkan Surat telegram Kasad Nomor ST/508/2011 tanggal 11 Maret 2011, Seragam batik Korpri bagi PNS TNI AD digunakan pada: 1. Upacara peringatan hari kebangsaan nasional (Hari kemerdekaan, Hari Pahlawan dan Hari TNI). 2. Upacara hari Juang Kartika. 3. Upacara HUT Korpri. 4. Upacara bendera bulanan setiap tanggal 17. 5. Upacara  atau acara lain yang ditentukan. 6. Rapat-rapat dan pertemuan yang diselenggarakan Kopri.

Berdasarkan ketentuan baru  tentang  penggunaan seragam baru bagi  PNS di lingkungan TNI AD diharapkan  seluruh personel PNS TNI AD dapat menyesuaikan diri dengan  ketentuan  baru ini, sehingga dapat meningkatkan etos kerja. (Slamet Subagio/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PNS TNI AD Gunakan Seragam Baru