Direktorat Topografi Angkatan Darat Mou Dengan ITB

By 04 Apr 2011 03:00Direktorat Topografi
images_img_dittopad_itb

Bertempat di Kampus Institut Teknologi Bandung, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB dan Direktorat Topografi Angkatan Darat menandatangani Piagam Kesepakatan Bersama.

Penandatanganan dilaksanakan oleh Direktur Topografi Angkatan Darat Brigadir Jenderal Sutrisno dan Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB Prof. Dr. Ir. Eddy Ariyono Subroto. Hadir pada acara tersebut pejabat teras Dittopad, Danpusdiktop, Katopdam III/SLW dan beberapa tokoh pengajar serta dosen ITB yang bergerak di bidang ilmu dan teknologi kebumian ITB antara lain Prof Dr.Ir Syamsir Mira, Prof Dr.Ir Joenil Kahar, Dr.Ir.Kosasih Triatna dan beberapa tokoh pengajar lainnya. Tujuan dari kerjasama tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak sesuai kewenangannya.

Dirtopad mengharapkan ada beberapa hal yang dapat dikerjasamakan antara lain tentang pendidikan, pelatihan, pelatihan singkat, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan lainnya, sedangkan dari ITB mengharapkan agar ada mahasiswa yang diijinkan untuk melaksanakan kerja praktek atau magang dan diperbolehkan mendapatkan data untuk dijadikan bahan penelitian akhir studi, dan dapat juga dilibatkan pada kegiatan lainnya.

Pada pertemuan tersebut Dirtopad juga menyampaikan, sebenarnya secara nyata Dittopad sudah menjalin kerjasama dengan ITB, namun dengan adanya MOU ini diharapkan semakin erat dan kegiatan kerjasama semakin beragam seperti pendidikan baik Strata 1, Strata 2 dan Strata 3 (program Doktor), juga pelatihan dan kegiatan penelitian maupun pengembangan bidang pemetaan/geodesi. Sedangkan Dekan Fakultas Teknik Kebumian ITB   menghendaki  dengan adanya MOU ini harus ada tindakan nyata aplikasi kerjasama antara kedua instansi yang lebih instens, terutama dalam bidang pendidikan, pelatihan,  penelitian dan lainnya. Pada kegiatan tersebut Dirtopad beserta staf juga melakukan kunjungan ke Rektorat ITB yang diterima  oleh Prof. Dr. Akhmaloka sebagai Rektor ITB.

Tindak lanjut kegiatan MOU tersebut adalah ITB siap menerima calon untuk pendidikan program S1, S2 dan S3 serta melakukan kerjasama dalam bidang pelatihan, kursus singkat dan kerjasama lainnya seperti bimbingan teknis Geodesi maupun aplikasi berbagai software di bidang teknik ketopografian. Sedangkan Dittopad dapat segera menyusun rencana kegiatan yang dapat dikerjasamakan, baik kegiatan pemetaan, pendidikan, pelatihan, kursus singkat lainnya serta mensosialisaaikan kepada anggota Dittopad yang ingin melanjutkan kejenjang pendidikan S1, S2 dan S3 di ITB. (Dittopad/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Direktorat Topografi Angkatan Darat Mou Dengan ITB