TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Denkesyah 05 .04.04 Surabaya Gelar UTP Dan UTJ

By 02 Jun 2011 02:37Berita Satuan
images_img_ditkesad_danden_01

Latihan uji terampil perorangan merupakan rencana  kerja Denkesyah 05.04.04 Surabaya TA. 2011, dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 25 Mei 2011, dilaksanakan di Pantai Kenjeran, Surabaya, yang harus dilaksanakan bagi setiap prajurit Bintara dan Tamtama, yang diikuti oleh seluruh jajaran Denkesyah 05.04.04 Surabaya, mulai Wilayah Madura Poskes Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan dan Poskes Gresik, serta Polkes Surabaya Utara sampai Rumkit Tk III Brawijaya , Rumkit Ban Sidoarjo dan Rs Ban Surabaya. juga dituntut melaksanakan latihan UTP/UTJ dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan Prajurit Kesehatan yang profesional, disiplin, bermoral serta terbinanya jiwa korsa yang yang tangguh.

Uji Terampil Perorangan (UTP) adalah merupakan sarana pengujian yang dapat digunakan untuk menilai kualitas personel, sedangkan Uji Terampil Jabatan (UTJ)  merupakan perangkat untuk menguji kemampuan prajurit  yang menduduki jabatan tertentu dalam rangka mengelola satuannya.

Dandenkesyah 05.04.04 Surabaya, Letnan Kolonel Ckm dr. Bidik Catur P. Selaku Inspektur upacara dalam pembukaan UTP/UTJ  menyampaikan beberapa hal, bahwa Latihan uji terampil perorangan ini juga merupakan salah satu pertimbangan bagi karier seorang prajurit dalam menempuh jenjang yang lebih tinggi, apakah dalam bentuk pendidikan, jabatan, pindah satuan dan kenaikan pangkat, disamping nilai kesemaptaan jasmani juga diminta nilai kelulusan UTP dan UTJ sebagai bahan pertimbangan. Bahwa pengetahuan dan keterampilan yang akan dilaksanakan  ini, masih merupakan bekal dasar yang senantiasa harus terus dikembangkan lebih lanjut oleh masing-masing perorangan, agar benar-benar siap pakai dalam pelaksanaan tugas di satuan 

Dandenkesyah 05.04.04 Surabaya  juga bepesan kepada peserta latihan UTP/UTJ Jangan menganggap hal yang rutin tetapi latihan ini merupakan bekal dalam menghadapi tugas-tugas kesad yang semakin kompleks dan berat dimasa mendatang. Para pelatih dan penguji, melaksanakan latihan ini dengan penilaian yang seobyektif mungkin tanpa memandang satuan atau bagiannya, serta membimbing dan mengajari prajurit mana yang salah dan mana yang benar.

Kegiatan ini ada 7 (tujuh) pos dan jarak tempuh sekitar 5 km yang harus dilalui oleh seluruh peserta yaitu antara lain  Pos Luka tembak, Pos Luka tembak kaki dengan fraktur tulang kaki terbuka, Pos Pengangkutan Orang Luka (POL) dan pengetahuan obat, Navigasi darat, dan Pos Heat Stroke. Semua route perjalanan menggunakan jalan dipesisir pantai Kenjeran 

Sebelum dimulainya kegiatan, Dandenkesyah 05.04.04 Surabaya menyampaikan beberapa penekanan yaitu :

  1. Laksanakan kegiatan latihan dengan sungguh-sungguh,  tulus dan bersemangat, karena semuanya untuk membekali dan memenuhi tuntutan maupun kemampuan para peserta sebagai seorang prajurit kesehatan angkatan darat yang dapat dibanggakan.
  2. Kerahkan semua kemampuan, baik dibidang pengetahuan maupun keterampilan dalam melaksanakan semua kegiatan latihan, agar sasaran latihan dapat tercapai secara optimal. 
  3. Laksanakan latihan ini dengan satu tekad dengan semboyan yaitu tidak mengenal menyerah dan segala sesuatunya membiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa.
  4. Hindarkan perilaku yang tidak terpuji maupun yang dilarang selama latihan, agar tidak merugikan baik diri sendiri maupun pihak lain serta tingkatkan kepedulian dan budayakan belajar dan berlatih. 
  5. Jaga nama, martabat dan kehormatan TNI Angkatan Darat pada umumnya dan satuan serta kehormatan diri para peserta selama melaksanakan latihan UTP dan UTJ.

Seorang prajurit tidak mempunyai kemampuan yang baik jika hasil UTP/UTJ nya tidak baik. Dengan demikian pengetahuan dan keterampilan dalam setiap prajurit akan membawa pengaruh pada kesiapan perorangan dan satuan. 

Upayakan agar ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui UTP-UJT ini, dapat dikembangkan serta diimplementasikan di satuan, sehingga upaya peningkatan pembinaan  satuan dapat berdaya guna dan berhasil guna secara optimal. (Mayor Ckm Wahyudi, S. Sos./Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Denkesyah 05 .04.04 Surabaya Gelar UTP Dan UTJ