TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Para Pengungsi Dapat Bantuan Kesehatan

By 02 Aug 2011 02:13Berita Satuan
images_img_ditkesad_tomohon_282011

Kesdam VII/Wrb sebagai Badan Pelaksanaan Bidang Kesehatan TNI AD di Jajaran Kodam VII/Wrb, yang mempunyai tugas pokok adalah meningkatkan derajat Kesehatan Prajurit TNI AD, PNS dan Keluarganya, serta mendukung pelaksanaan tugas-tugas Kodam VII/Wrb, khususnya di bidang Kesehatan.

Selain tugas pokok yang dibebankan kepada Kesdam VII/Wrb juga melaksanakan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat umum. Dalam Mengantisipasi Bencana Alam Meletus Gunung Lokon, Denkesyah 07.04.01 Manado sebagai Eselon Pelaksanaan Kesdam VII/Wrb di jajaran Korem 131/Stg, berdasarkan petunjuk lisan Kakesdam VII/Wrb Kolonel Ckm dr. Sutrisno MARS., agar segera membentuk Tim Bantuan Kesehatan (TIMKES), untuk memberikan Bantuan Kemanusian di Bidang Kesehatan terhadap Pengungsi Bencana Meletusnya Gunung Lokon berdasarkan petunjuk lisan Kakesdam VII/Wrb, maka Dandenkesyah 07.04.01 Manado, Letnan Kolonel Ckm dr. Benny Untu, Sp.M., membentuk Timkes yang tertuang dalam surat perintah No. Sprin/114/VII/2011 yang di kordinir langsung oleh Dandenkesyah 07.04.01 Manado Letnan Kolonel Ckm dr. Benny Untu, Sp.M dan dibantu oleh Letnan Kolonel Ckm dr. Rudy A. Tubagus, Sp.B., sebagai Wakil Kordinator yang beranggotakan 23 Orang terdiri dari 1 orang Kordinator Lapangan, 1 Orang wakil Kordinator Lapangan, 1 orang Kordinator Tim Kes yang terdiri dari 3 Tim Kesehatan tiap Tim berjumlah 5 Orang Berkwalifikasi Perawat, 2 Orang Dokter Umum dan 2 Orang Sopir.

Di dalam pelaksanaan tugas Tim Kes Denkesyah 07.04.01 Manado, berposko di Kelurahan Kaaten dan berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dan Dinas Kesehatan Kota  Tomohon, demi kelancaran dan terarahnya sistim penanggulangan dan sistim pelayanan Kesehatan terhadap pengungsi Bencana Letusan Gunung Lokon, dengan jumlah pengungsi mencapai 5.210 Jiwa terdiri dari 3 Desa di sekitar Gunung Lokon yaitu Desa Kaskasen I, Desa Kinilow I dan Desa Kinilow II.

Seiring dengan berkurang aktifitas Gunung Lokon, saat ini telah di turunkan status awas menjadi status siaga, seiring dengan itu pula, sebagian besar pengungsi telah kembali ke rumah mereka masing-masing kecuali bagi pengungsi yang barada pada radius 3 Km dari Gunung Lokon.

Sampai saat ini jumlah pengungsi yang telah di layani Tim Kesehatan Denkesyah 07.04.01 Manado berjumlah 153 orang dengan jenis penyakit yang menonjol sebagai berikut : Infeksi Saluran Pernafasan Atas (Ispa), Gastritis, Penyakit Kulit/Gatal-Gatal dan Hipertensi. (Pendam 7/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Para Pengungsi Dapat Bantuan Kesehatan