TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 132/Tadulako Gelar TNI Manunggal Membangun Desa Ke-88 Di Kabupaten Poso

By 25 May 2012 02:37Kodam VII/Wirabuana
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

TNI Manunggal Membangun Desa ke-88 kali ini dilaksanakan oleh Kodim1307/Poso di Kecamatan Lore Barat Kabupaten Poso di buka oleh Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Marga Taufiq. Pelaksanaan TMMD dilaksanakan selama 21 hari, pada upacara pembukaan dihadiri Wakil Bupati Poso, para Unsur Forum Muspida Kabupaten Poso, Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tengah dan berbagai elemen masyarakat diantaranya Tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Pemuda, Organisasi Kepemudaan dan Tokoh Masyarakat.

Sasaran TNI Manunggal Membangun Desa dilaksanakan di beberapa desa diantaranya: Desa Lengkeka, Desa Kageroa, Desa Toare, Desa Tomehipi, Desa Kolori dan Desa Lelio. Sasaran fisik berupa Rehab, Pemasangan Tegel, dan Pembuatan pagar Rumah Ibadah. dan sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan Bahaya Narkotika, Pertanian, Perikanan, Peternakan, NKRI, Wawasan Kebangsaan. Tujuan dari pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa adalah untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dan percepatan pembangunan dalam rangka membantu Pemerintah menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan di daerah.

Pada Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 pasal 7 tentang Tentara Nasional Indonesia menyebutkan bahwa Tugas Pokok TNI yaitu Operasi Militer untuk perang dan Operasi Militer selain perang yaitu salah satunya membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan program TNI Manunggal Membangun Desa.

Sesuai program Korem 132/Tadulako, TNI Manunggal Membangun Desa ke-88 dilaksanakan di wilayah Kodim 1307/Poso, dalam rangka untuk percepatan pembangunan, selain itu sifat gotong-royong yang sangat menonjol diharapkan dapat mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD, sehingga diharapkan seluruh sasaran yang direncanakan dapat berhasil dan sukses sesuai waktu yang direncanakan dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Danrem 132/Tdl selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat, menegaskan bahwa sasaran fisik pelaksanaan TMMD untuk membangun infrastruktur sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah dapat terpenuhi, segingga diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian daerah. Selain itu, kehadiran TNI tidak semata-mata membangun desa, tetapi juga sebagai inspirasi bagi masyarakat dan TNI sendiri dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, serta mampu mengembangkan komunikasi sosial, yang persuasif kepada seluruh lapisan masyarakat.

Melalui komunikasi sosial yang persuasif, diharapkan dapat memotivasi tekad dan semangat masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, serta tumbuh kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya agar perekonomian di daerah bertambah lancar. Bagi TNI sendiri diharapkan lebih mengenal karakteristik wilayah dengan segenap problematikanya sebagai modal dasar pelaksanaan komunikasi sosial TNI.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 132/Tadulako Gelar TNI Manunggal Membangun Desa Ke-88 Di Kabupaten Poso