TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam V/Brawijaya Buka TMMD Ke-88 Di Gresik

By 25 May 2012 07:13Kodam V/Brawijaya
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-88 Tahun 2012 merupakan salah satu program Operasi Bhakti TNI bersama Kementerian Pemerintah, non Kementerian, Pemda dan Masyarakat, dilaksanakan secara sinergis dan terintegrasi, sehingga upaya dalam meningkatkan kehidupan sosial kemasyarakatan dapat berjalan dengan lebih baik.

TNI dalam program tersebut turut berperan secara aktif agar hasil pembangunan dapat dirasakan sampai ditingkat pedesaan. Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito selaku penanggungjawab pelaksanaan operasi TMMD ke-88 di Provinsi Jatim, pada Rabu (23/5) membuka secara resmi TMMD ke-88 yang dipusatkan di Gresik.

Dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan jalinan Kemanunggalan TNI-Rakyat, TMMD di wilayah Jatim mempunyai beberapa sasaran yang ingin di capai, antara lain menumbuh kembangkan visi, misi antar aparatur Pemerintah di daerah beserta para tokoh masyarakat lainnya secara terpadu dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungannya. Dapat meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat yang mandiri, dengan memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap hakikat ancaman.Meningkatkan wawasan kebangsaan serta kesadaran bela Negara, menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan dalam membangun daerah, sehingga tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh kuat.

Sedangkan sasaran lain TMMD di wilayah Jatim yang melibatkan seluruh personel TNI se-wilayah Jatim yang dibantu oleh warga masyarakat setempat ini adalah pembangunan fisik yang meliputi Pemakadaman jalan, pembuatan jembatan plat, renovasi musholah, rehab rumah penduduk, pembuatan MCK, penghijauan, pavingisasi, pembangunan gorong-gorong, rehab Masjid, pembangunan jamban keluarga, pembangunan perpustakaan, pembangunan jalan usaha tani, penebaran benih ikan nila, perehaban SDN, serta pengobatan dan pelayanan KB secara gratis.

Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo dalam amanat tertulisnya yang di bacakan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito mengatakan, kehadiran TNI tidak semata-mata membangun desa, tetapi juga sebagai sumber inspirasi bagi masyarakat dan TNI sendiri dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial serta mampu mengembangkan komunikasi sosial yang persuasif kepada seluruh lapisan masyarakat.  
TMMD ke-88 ini mengambil tema “Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa, kita tingkatkan sinergitas kegiatan dan kerjasama antara TNI, Polri, Lembaga Kementrian/Lembaga Non Kementrian, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat untuk mewujudkan percepatan pembangunan di pedesaan menuju masyarakat yang damai dan sejahtera”.  (Pendam 5/Dispenad)  

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam V/Brawijaya Buka TMMD Ke-88 Di Gresik