TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bupati Tutup TMMD Ke-88 Wilayah Korem 102/Pjg

By 15 Jun 2012 04:24Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_dam12-4

TMMD ke-88 tahun 2012 di wilayah Korem 102/Pjg pada Selasa (12/6) secara resmi telah ditutup. TMMD yang dilaksanakan kurang lebih 21 hari dengan sasaran pembangunan fisik dan non fisik di tiga lokasi yaitu  wilayah  Kodim 1011/Klk, Kodim 1012/Btk dan Kodim 1013/Mtw. Kegiatan TMMD yang dilaksanakan secara rutin dua kali setahun ini ditutup secara resmi oleh Bupati setempat. Untuk wilayah Kodim 1011/Klk ditutup oleh Bupati Kab, Kapuas Ir. H. M. Mawardi,MM, wilayah Kodim 1012/Btk ditutup oleh Bupati Barito Timur  H. Zain Alkin dan untuk wilayah Kodim 1013/Mtw ditutup oleh Bupati Kab, Barito Utara Achmad Yuliansyah, sekaligus penandatanganan  serah terima hasil pekerjaan TMMDke-88 oleh Dandim setempat.

Para Bupati tersebut selaku Irup pada upacara penutupan membacakan amanat Pangdam XII/Tpr mengatakan, Kegiatan TMMD yang  kita laksanakan ini merupakan bentuk kepedulian TNI dalam memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan secara berkesinambungan dan berkelanjutan sehingga akan tercipta dan terbina kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka ketahanan nasional. Selain itu, TMMD juga merupakan cara yang paling tepat dan strategis dihadapkan dengan kondisi pembangunan bangsa, baik dalam dimensi pembangunan maupun pemerataan serta merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah, serta segenap Komponen Masyarakat.

Kita sangat bersyukur, bahwa semua kegiatan yang dilaksanakan dapat tercapai dengan baik, hal ini berkat adanya semangat kebersamaan, kekeluargaan dan semangat gotong royong untuk mengembangkan sikap silih asah, asih, asuh yang merupakan karakter masyarakat pedesaan. Keberhasilan yang diperoleh tidak lepas dari kerjasama dan peran serta secara aktif dari segenap komponen masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan aparat Pemerintah serta unsur terkait lainnya di masing-masing wilayah. Untuk itu, Kerja sama yang telah terjalin dengan baik ini agar dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi guna memantapkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat, baik dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat maupun dalam rangka kepentingan Pertahanan Negara.

Lebih lanjut dikatakan, dari hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa diberbagai Kabupaten diwilayah Kalbar dan Kalteng selama ini, menunjukkan betapa tingginya manfaat dari kegiatan ini untuk menunjang proses percepatan pembangunan di pedesaan, baik dari aspek pembangunan fisik berupa rehabilitasi sarana prasarana maupun aspek pembangunan non fisik. Di sisi lain, dari beberapa aspek pembangunan yang telah kita capai selama pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa sebagaimana yang baru kita laksanakan ini, tentunya akan dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh segenap masyarakat terutama bagi kepentingan kemajuan daerah pedesaan dan daerah yang belum terjangkau oleh pembangunan. Adapun manfaat yang dirasakan antara lain untuk menggugah dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta menumbuhkan kesadaran dan keinginan masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri dengan menggugah jiwa dan semangat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan.

Dengan selesainya kegiatan TMMD ke-88 tahun 2012, diharapkan masyarakat di daerah kiranya dapat menjalankan kehidupannya dengan aman, tenteram dan sejahtera serta tercipta masyarakat yang mandiri dan berkualitas. Selain itu, hasil pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan juga dapat meningkatkan budaya gotong royong serta memantapkan wawasan kebangsaan bagi masyarakat di daerah ini, yang kesemuanya itu tentu akan menjadi perekat integrasi bangsa yang kokoh dalam rangka menjaga kekuatan bangsa dan mewujudkan ketahanan wilayah. (Pendam 12/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bupati Tutup TMMD Ke-88 Wilayah Korem 102/Pjg