TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gubernur Jawa Tengah : TMMD Membantu Meningkatkan Akselerasi Pembangunan Di Daerah

By 15 Jun 2012 07:33Kodam IV/Diponegoro
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

 

 


Demikian penegasan Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo dalam sambutannya yang disampaikan Bupati Pemalang H. Junaedi pada Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap-I, Reguler Ke-88 dan Sengkuyung Tahap-I Tahun 2012 yang berlangsung Selasa (12/6) di Desa Gongseng Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang.

Lebih lanjut Gubernur Jawa Tengah menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya TMMD tersebut, hasil TMMD telah mampu membuka daerah terisolir dan mempersempit kesenjangan antar wilayah, sehingga makin membuka akses transportasi dan komunikasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan roda perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.  

“Dengan tangan-tangan terampil TNI, TMMD mampu menghasilkan kegiatan pembangunan yang dilakukan secara bergotong royong bersama masyarakat, sehingga kegiatan TMMD ini menjadi perekat antara TNI dengan Rakyat. Hal ini perlu terus dikembangkan, karena TNI besar dari, oleh dan untuk rakyat”, terang Gubernur Jawa Tengah.

“Tugas TNI pada jaman perjuangan sangat berat, yakni bersama rakyat harus melakukan perang gerilya untuk meraih kemerdekaan. Tetapi setelah kemerdekaan, tugas TNI selain tetap menjaga kedaulatan dan kutuhan NKRI, juga harus ikut berperan aktif dalam pembangunan”, sambungnya.    

“Secara fisik, TNI telah ikut membantu pembangunan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan masyarakat, dan secara non fisik dengan melaksanakan penyuluhan, ceramah atau temu wicara, mampu meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, mengembangkan komunikasi sosial, memotivasi tekad serta semangat masyarakat untuk membangun daerahnya sesuai potensi dan karakterisktik desanya masing-masing”, papar Gubernur Jawa Tengah.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, saya sampaikan terima kasih kepada Keluarga Besar TNI dan pihak-pihak terkait atas keberhasilan program TMMD Tahap-I yang telah selesai dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah, dengan hasil yang cukup menggembirakan dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, dan untuk pelaksanaan di masa dating harus lebih sengkuyung dalam semangat kegotongroyongan”, tambah Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo.

TMMD Ke-88 yang dilaksanakan Korem 071/Wk di wilayah Kodim 0711/Pml dan Kodim 0712/Tgl (Reguler) dan Sengkuyung Tahap-I TA.2012 yang dilaksanakan Kodim jajaran Korem 071/Wk merupakan hasil seleksi beberapa usulan dari tingkat desa dengan prioritas daerah tertinggal dan terisolir serta untuk mengentaskan permasalahan kebutuhan prasarana dasar sehingga akan meningkatkan derajat kehidupan masyarakat di daerah menjadi lebih baik.

Program TNI Manunggal Membangun Desa Reg Ke-88 dan Sengkuyung Tahap-I TA.2012 wilayah Korem 071/Wk diselenggarakan dengan tujuan untuk mewujudkan ruang juang, alat juang dan kemanunggalan TNI-Rakyat serta dalam rangka membantu Pemerintah Daerah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisik maupun non fisik dalam rangka menciptakan suasana kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri. Sedangkan sasaran yang hendak dicapai terwujudnya tugas bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka pembangunan/rehabilitasi fasilitas umum seperti jalan, jembatan, fasilitas pendidikan, sarana ibadah, prasarana kesehatan, pasar, rumah penduduk kesehatan dan ketahanan pangan, penghijauan hutan/lahan kritis dan sebagainya, terwujudnya tugas dalam rangka mengatasi dampak bencana yang menimbulkan kerusakan infrastruktur di sekitar lokasi bencana, terwujudnya tugas melaksanakan kegiatan non fisik yang meliputi penyuluhan kesehatan, hukum, HAM, upaya bela Negara dan lainnya sesuai kepentingan masing-masing Dep/LPND di daerah.  

Pelaksanaan program TMMD Reg Ke-88 di wilayah Kodim 0711/Pml, sasaran fisik berupa pengaspalan jalan desa volume 1.200 m x 3 m, perbaikan jalan volume 6.300 m x 3 m, pembuatan jembatan plat beton 1 unit, pembuatan gorong-gorong 2 unit. Sasaran non fisik diantaranya, penyuluhan PPBN, KB dan Kesehatan, hukum, kamtibmas, kenakalan remaja, kepemudaan dan karang taruna, bahaya narkoba, wajar dikdas 9 tahun, peningkatan pengembangan jaringan kerjasama koperasi, penghijuan perkebunan, pembangunan berwawasan lingkungan dan penanganan penyakit binatang ternak, tenaga kerja, kependudukan, perijinan dan pajak daerah, pemberantasan buta aksara (PBA), anatomi terorisme, dialog interaktif mengenai TMMD ke-88 TA.2012, penyuluhan keluarga sehat, mandiri dan berwawasan kebangsaan, donor darah, penyuluhan tata cara dan proses angkut kayu rakyat, pengobatan ternak massal, pemutaran film, penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan lingkungan, teknologi tepat guna, penyuluhan mobil larasita dan sertifikasi massa swadaya, penyuluhan sekolah lapangan pengendali hama tanaman terpadu, gizi dan gerakan saying ibu dan balita.

Sedangkan program TMMD Reg Ke-88 di wilayah Kodim 0712/Tgl sasaran fisik berupa pengaspalan jalan volume 3.800 m x 3 m, pembuatan saluran air volume P 50 m x L 0,4 m x T 0,7 m, pembuatan plat beton volume 6 m x 1,4 m, pembuatan plat beton volume 5 m x 1 m. Sasaran non fisik berupa penjelasan TMMD Reg Ke-88 TA.2012, penyuluhan PPBN, Wawasan Kebangsaan, anatomi teroris, bahaya laten komunis, kesehatan, peternakan, KB dan bahaya narkoba.

Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap-I, Reguler Ke-88 dan Sengkuyung Tahap-I Tahun 2012 ditutup secara serentak di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Untuk wilayah Korem 071/Wk TMMD Reguler Ke-88 yang dilaksanakan di 2 (dua) wilayah yakni Kodim 0711/Pml di Desa Gongseng Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang dan Kodim 0712/Tgl di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal serta Sengkuyung Tahap-I Tahun 2012 yang dilaksanakan Kodim jajaran Korem 071/Wk.

Hadir dalam Upacara Penutupan TMMD Reg Ke-88, Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Ir. Mulhim Asyrof, Irdam IV/Dip, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Cecep R. Mujono, M.Sc, Aster Kasdam IV/Dip, Kazidam IV/Dip, Kapendam IV/Dip, Ka BPMD Prop. Jateng, Wakil Bupati Pemalang, Sekda Pemalang beserta Forpimda Kab. Pemalang, Ketua Persit KCK PD IV/Dip, Ketua Persit KCK Koorcabrem 071 PD IV/Dip,   Muspika Kecamatan Randudongkal dan Kades Gongseng beserta perangkat desa serta warga masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kabupaten Pemalang, para peserta upacara prajurit TNI AD dan TNI AU, Polri, Linmas dan pelajar.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam IV/Dip beserta Bupati Pemalang melaksanakan pemotongan pita  disaksikan Irdam IV/Dip, Danrem 071/Wk, Aster Kasdam IV/Dip, Kazidam IV/Dip, Kapendam IV/Dip, Wakil Bupati Pemalang, Sekda Pemalang beserta unsur Forpimda Pemalang, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan warga masyarakat. Dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD Reg Ke-88 Kodim 0711/Pml.(Penrem 071/Dispenad)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Gubernur Jawa Tengah : TMMD Membantu Meningkatkan Akselerasi Pembangunan Di Daerah