TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kesegaran Jasmani Menunjang Tugas Pokok Kopassus

By 13 Jun 2012 06:49Kopassus
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

“Mensana In Corpore Sano”   merupakan suatu ungkapan yang sangat   akrab terdengar di telinga kita, yang artinya   di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kegiatan kali ini. Bertempat di Lapangan Alfred Taarega Grup-3 Kopassus dan Stadion Atang Sutresna Cijantung, Jakarta Timur  137 Perwira Menegah (Pamen) Kopassus melaksanakan Test Kesegaran Jasmani. Rabu (13/6)

Tes kesegaran jasmani merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit di lingkungan TNI AD, disamping untuk pembinaan fisik juga sebagai sarana untuk menunjang tugas pokok satuan serta merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam melaksanakan suatu pendidikan di lingkungan TNI AD. Test kesegaran jasmani dibagi menjadi 2 bagian yakni Test Kesegaran Jasmani A dan B. Untuk test kesegaran jasmani A, seluruh Pamen Kopassus  melaksanakan lari selama 12 menit. Sedangkan untuk test kesegaran jasmani B, seluruh Pamen melaksanakan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run. Khusus bagi 17 Pamen Kopassus yang akan UKP ditambah dengan Renang Militer.

Pembinaan jasmani militer dilaksanakan sepanjang tahun, dengan tujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan jasmani prajurit, agar siap untuk melaksanakan tugas pokoknya dan untuk mengetahui hasil dari pembinaan jasmani tersebut, maka dilaksanakan tes kesegaran jasmani yang dilaksanakan secara periodik. Disamping itu, tes kesegaran jasmani juga  merupakan  syarat   yang   harus dipenuhi dalam penilaian usul kenaikan pangkat, Pendidikan Pengembangan Spesialisasi maupun Pendidikan Pengembangan Umum .

Pelaksanaan kegiatan tes kesegaran jasmani dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 14 Juni 2012 dilaksanakan oleh Jas Kopassus pimpinan Letnan Kolonel Inf Djoko Mulyadi dan dibawah pengawasan langsung Kolonel Inf Hamzah   perwakilan dari Disjasad. (Pen Kopassus/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kesegaran Jasmani Menunjang Tugas Pokok Kopassus