TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Komplek Akademi Militer Yang Hijau Dan Indah

By 04 Jun 2012 06:30Akademi Militer
images_img_Akmil_akmil3


Pada hari Rabu, 30 mei 2012, setelah memberikan pengarahan kepada seluruh organik  militer dan PNS Akmil, Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Bachtiar S.I.P., M.A.P. didampingi komandan resimen taruna Kolonel Inf Benny Susianto, S.I.P. dan pejabat distribusi akmil. Pada kesempatan kali ini Gubernur menanam pohon jambu Jamaica di depan gedung Lily Rochly, tepatnya di depan barak Batalyon Taruna Madya.
 
Hal ini dilakukan sebagai implementasi keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2008, yang menetapkan tanggal 28 November diperingati sebagai hari menanam pohon Indonesia (HMPI) dan Desember sebagai bulan menanam nasional (BMN).
 
“SUKSESKAN PENANAMAN 1 MILIAR POHON SETIAP TAHUN” hal ini disampaikan Presiden SBY saat memberikan amanat pada penringatan hari menanam pohon Indonesia, 28 Nopember 2011 di Sentul. Banyak pohon banyak rejeki. Alam akan lestari dan masyarakat semakin sejahtera dan terlindungi dengan kian banyaknya pohon yang ditanam.
 
Oleh karena itu seluruh komponen harus ikut serta berpartisipasi melakukan penanaman pohon. Harus dimulai dari diri sendiri, Akademi Militer memulai dari beberapa waktu lalu setelah dicanangkannya HMPI dan BMN oleh Presiden RI.
 
Mari bersama kita dukung penanaman 1 miliar pohon, “ ONE BILION INDONESIAN TREES FOR THE WORLD” gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon, harus terus digelorkan secara kontinyu pada setiap tahun. Dalam waktu 5 sampai 10 tahun mendatang diharapkan bangsa Indonesia akan menikmati indahnya bumi Indonesia hijau berseri dengan masyarakat yang sejahtera, jauh dari bencana tidak terkecuali di lingkungan Akademi Militer juga.
 
Disisi lain, saat ini bangsa Indonesia juga menghadapi tantangan perubahan iklim dan pemanasan global yang sangat berpengaruh langsung terhdap kehidupan manusia. Bumi menjadi panas karena semakin banyak karbon dioksida yang dilepas oleh hasil pembakaran sumber energi, seiring dengan meningkatnya laju penduduk di dunia dan tingginya penggunaan sumber energi oleh manusia.
 
Guna mengatasi dampak pemanasan global, maka upaya pelestarian hutan merupakan langkah yang cerdas dan tepat, karena hutan bisa menangkap dan mengurangi jumlah karbon dioksida yang dilepas sumber energy yang berkeliaran di bumi.
 
Penanaman pohon tersebut dilakukan juga sebagai pembelajaran yang berharga kepada seluruh warga Akmil khususnya Taruna Akmil agar mengerti dan memahami akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan, melalui gerakan menanam dan merawat serta memelihara pohon, dalam rangka menyelamatkan bumi dan kehidupan masa depan anak cucu bangsa Indonesia.
 
Jenis pohon yang ditanam di lingkungan Akmil adalah merupahan pohon yang berbuah. Pemilihan tanaman jenisini dikarenakan mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat dan ekologi terhadap lingkungan serta proses tumbuh tanaman yang cepat. Selain di sekitar barak, pavilion dan sekitar perkantoran serta perumahan panca arga Akmil, penanaman pohon juga telah dilaksanakan di lereng gunung Tidar sebagai peremajaan dan penghijauan kembali daerah sekitar lingkungan Akmil.(Pen Humas Akmil/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Komplek Akademi Militer Yang Hijau Dan Indah