TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mencegah Pelanggaran Yang Merugikan NKRI dan Kejahatan Batas Negara

By 14 Jun 2012 04:33Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_dam12-6

Perwira Siswa Maktab Pertahanan Angkatan Tentara (Pasis MPAT) Malaysia berkunjung ke Kodam XII/Tpr, MPAT di Indonesia setingkat Sesko AD/AL/AU. Rombongan yang berjumlah 35 orang Pasis terdiri dari, Perwira Tentara Malaysia dan Perwira siswa perwakilan manca Negara yang berasal dari Amerika, Pakistan, Maldik, Papua Nugini, Indonesia.

Delegasi ini dipimpin oleh Kapten Yee Tentara Laut Diraja Malaysia, diterima Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Robby Win Kadir di dampingi Kasrem 121/Abw Letkol Inf Agus Prasetiyo berlangsung di Makodam XII/Tpr Rabu (12/06).

Kepala Staf Korem 121/Abw Letkol Inf Agus Prasetiyo,  menyampaikan pembekalan kepada siswa Kursus MAKTAB Turus Angkatan Tentera Malaysia Tahun 2012, Tentang operasi pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia, Korem 121/Abw selaku Komando Kewilayahan mempunyai tugas pokok yaitu, memelihara, meningkatkan stabilitas keamanan dan kewibawaan di daerah batas, mencegah dan menindak setiap upaya perusakan dan penggeseran patok/tugu batas Negara. Mencegah pelanggaran pelintas batas, penebangan dan penyelundupan kayu illegal. Mencegah dan menindak penyelundupan bahan peledak yang merugikan NKRI dan kejahatan batas Negara.

Dan juga membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan. Memelihara dan meningkatkan kerjasama pengamanan perbatasan dengan Tentara Darat Malaysia (TDM).Wilayah Korem 121/Abw yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia sepanjang lebih kurang 966 km yang melintasi lima Kabupaten yaitu Kab. Sambas, Kab Sanggau, Kab. Sintang dan Kab. Kapuas Hulu yang ditandai dengan 5.784 Patok Perbatasan.

Kegiatan bersama yang akan dilaksanakan antara TNI dan TDM antara lain, melaksanakan patroli terkoordinasi, kunjungan balas, pertukaran anak asuh, kegiatan agama dan olah raga bersama, revisi sop UCM, hal itu di sampaikan Kasrem 121/Abw pada saat memberikan pembekalan kepada Siswa Kursus MAKTAB Turus Angkatan Tentera Malaysia. Diakhir kegiatan tersebut kedua pimpinan melaksanakan tukar menukar cendra mata sebagai tanda persahabatan kedua Negara.(Pendam 12/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mencegah Pelanggaran Yang Merugikan NKRI dan Kejahatan Batas Negara