TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TMMD Kegiatan Lintas Sektoral Untuk Kesejahteraan Masyarakat

images_img_Kodam16_18072012d

Asisten I Bidang Pemerintahan Kab. Maluku Tengah Drs. Jopic Kapessi bertindak sebagai Irup dalam Upacara penutupan TMMD ke-88 TA. 2012 di Lapangan Desa Saparua Kec. Saparua Kab. Maluku Tengah. Selasa (12/06).

Dalam amanat Pangdam XVI/Pattimura yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kab. Maluku Tengah mengatakan bahwa program TMMD yang telah berlangsung selama 21 hari ini merupakan kegiatan lintas sektoral, program TNI bersama instansi Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebagai salah satu alternatif mempercepat pembangunan di daerah sekaligus sebagai sarana perekat bangsa dalam rangka memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Disamping itu, program TMMD juga merupakan salah satu upaya dalam rangka mengejar ketertinggalan pembangunan di daerah yang selama ini masih tertinggal dengan daerah lain, sehingga pembangunan di daerah tersebut dapat sejajar dengan daerah lainnya. Dengan adanya program TMMD ini diharapkan dapat memberikan arti dan manfaat yang besar, baik bagi prajurit TNI dan warga masyarakat setempat maupun Pemerintah Daerah.
’’Manfaat langsung yang dapat kita rasakan adalah tumbuhnya semangat kebersamaan, kekeluargaan yang harmonis diantara prajurit TNI dan instansi Pemerintah dengan warga masyarakat di sekitar lokasi kegiatan TMMD.

Dengan adanya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang tinggi diharapkan akan semakin memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta tumbuhnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Disamping itu dengan terbangunnya berbagai sarana dan prasarana umum yang selama ini kurang memadai, menghambat aktifitas perekonomian dan sosial mereka seperti MCK, sumur, jalan setapak, jembatan, bak penampungan air, sarana ibadah dan beberapa fasilitas umum lainnya akhirnya dapat terealisir serta dapat dimanfaatkan bagi kepentingan bersama. Sarana dan prasarana umum yang sudah dibangun, diperbaiki ini hendaknya dapat dipelihara dan dirawat serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga memiliki usia pakai yang lama dan dapat memberikan nilai tambah serta kontribusi yang positif bagi peningkatan taraf kehidupan dan  kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa ini dan sekitarnya”, jelas Pangdam dalam amanatnya.

Pelaksanaan Kegiatan TMMD di Saparua tersebut dimulai sejak tanggal 23 Mei s/d 12 Juni 2012 telah berhasil menyelesaikan sasaran fisik dan non fisik sesuai target yang direncanakan. Sasaran fisik dalam TMMD tersebut adalah pembuatan Talud pembatas jalan sepanjang 763 m di Desa Kulur, pembuatan Talud pantai sepanjang 175 m di Desa Tiowu, pembuatan jalan cor beton sepanjang 153 m X 2,20 m di Desa Porto, pembangunan jalan cor beton sepanjang 700 m di Desa Saparua dan pembuatan Gorong-gorong /Jembatan sebanyak 3 buah di Desa Haria. Sedangkan kegiatan non fisik yang dilakukan berupa penyuluhan hukum, kesadaran berbangsa dan bernegara, budaya disiplin, kehidupan bergotong royong, kesehatan Ibu dan anak, ketahanan pangan dan pengobatan gratis.

Kegiatan tersebut dihadiri Pa Ahli Bidang Ideologi Kolonel Inf Arif Mulyana, Pa Ahli Bidang Sosial Budaya Kolonel Inf Drs. Nyoto Supardjo, Aster Kasdam Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, Wakapendam Letnan Kolonel Inf A. W. Heri Parwanto, Dandim 1504/Ambon, para Pamen perwakilan Balakdam, Tokoh Masyarakat, pramuka dan masyarakat Desa Saparua. (Pendam 16/Dispenad).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kostrad Dinas Psikologi Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TMMD Kegiatan Lintas Sektoral Untuk Kesejahteraan Masyarakat