TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 102/Pjg Tandatangani MoU Rehabilitasi Kawasan Hutan Konservasi

By 27 Jul 2012 05:01Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_30072012mou


Kamis (26/7) pukul 08.00 WIB, Danrem 102/ Pjg Kolonel Czi Irwan  menandatangani MOU kegiatan rehabilitasi kawasan hutan konservasi dan perlindungan hutan dengan Kepala Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Kahayan (BP-DAS Kahayan) Ir. Eko Gathut Wirawanto, MP. Penandatanganan dilakukan di ruangan jabatan Danrem 102/Pjg Jl. Imam Bonjol No.5 Palangkaraya Kalteng.

Ir. Eko menyampaikan latar belakang kegiatan ini dilakukan mengingat sebagian kawasan hutan konservasi di Kalteng mengalami kerusakan untuk itulah perlu adanya program rehabilitasi kawasan hutan konservasi yang dalam pelaksanaannya Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP-DAS) Kahayan menggandeng TNI dalam hal ini Korem 102/Pjg dan jajarannya.  Nota Kesepakatan (Memorandum of understanding atau MoU) adalah Kesepakatan kerjasama dimaksudkan sebagai acuan dan landasan kedua belah pihak  dalam melaksanakan kegiatan rehabilitasi hutan  di kawasan hutan konservasi dan perlindungan hutan di wilayah Kalimantan Tengah. Nantinya akan diikuti dan dijabatkan dalam perjanjian lain yang mengatur secara detail. Salah satu tujuannya adalah  mempercepat terwujudnya pemulihan kawasan hutan yang terdegradasi dan terjaminnya kelestarian kawasan hutan konservasi.

Adapun lokasi kegiatan rehabilitasi kawasan hutan konservasi tahun 2012 berada di wilayah : Pertama. Kecamatan Suka Mara Kabupaten Suka Mara seluas 750 Ha (3 blok), dalam kawasan suaka marga satwa Lamandau pada pemangku hutan balai konservasi sumber daya alam Kalteng  wilayah Kodim 1014/Pbn. Kedua. Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan seluas 2.250 Ha (9 blok) dalam kawasan Taman Nasional Tanjung Puting pada pemangku hutan balai taman nasional Tanjung Puting wilayah Kodim 1015/Spt. Ketiga. Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan seluas 1.000 Ha (4 blok) dalam kawasan taman nasional Sebangau pada pemangku hutan balai taman nasional Sebangau wilayah Kodim 1015/Spt.  Keempat.   Kecamatan Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau seluas 1.000 Ha (4 blok) dalam kawasan taman nasional Sebangau pada pemangku hutan balai taman nasional Sebangau wilayah Kodim 1011/Klk.

Kegiatan yang melibatkan TNI, Instansi terkait dan masyarakat ini diselenggarakan secara serentak dengan membangun kemah-kemah di lokasi. Proses kegiatan di mulai dari persiapan, pembuatan papan nama, pembuatan jalan pemeriksaan, pembuatan rintisan, pemasangan ajir, pembuatan lobang tanaman, piringan dan tokongan, pembuatan pondok kerja dan gubuk kerja, pengangkutan bibit dan penanaman, pemeliharaan tahun berjalan, pengawasan dan pengamanan. Pada kesempartan itu Danrem 102/ Pjg menekankan kepada para Dandim  selaku Dansatgas agar melaksanakan tugas ini dengan baik, iklas, transparan dan mendapatkan hasil dengan baik serta bisa dipertanggung jawabkan didunia dan akhirat.  Kegiatan berjalan tertib dan lancar. (Kepala Penerangan Korem 102/Paur Prod Suparto, SH/Dispenad)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 102/Pjg Tandatangani MoU Rehabilitasi Kawasan Hutan Konservasi