TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Evaluasi Penanaman Pohon “ TOBA GO GREEN ”

logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Program pelestarian Danau Toba melalui Toba Go Green tidak hanya pada tahap penanaman saja tetapi terus berkesinambungan hingga berhasil, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat umum khususnya masyarakat setempat. Hal ini disampaikan Staf Ahli Kodam I/BB selaku ketua Tim II Kolonel Inf Budi Heridayanto saat melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap penanaman pohon di bukit Sipiso-piso, Desa Pangambatan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Kamis (5/7).
 
Dalam pelaksanaan Toba Go Green yang dicanangkan Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus di wilayah Danau Toba sudah berjalan dengan baik walau masih belum optimal. “Hal ini disebabkan musim kemarau dan kurangnya bibit pohon untuk menggatikan pohon yang sudah mati serta kondisi geografis yang berbukit, curam sehingga sulit untuk di jangkau,” ujarnya.

Dalam kunjungan evaluasi tersebut, ketua Tim II didampingi oleh Pabanda Bhakti TNI Sterdam I/BB Mayor Czi Wilson Manurung dan Kasi Listra Pendam I/BB Mayor Caj Drs M Nazli Siregar melihat langsung perkembangan lokasi penanaman serta keadaan pohon yang sudah ditanam. Dandim 0205/TK Letkol Kav Price Meyer Putong SH didampingi Danramil Tigapanah Kapt Inf A Manullang, Pasi Ter Kodim 0205/TK Kapt Inf I Tamba dalam laporannya menyebutkan, bahwa pencanangan Toba Go Green tersebut terus dilaksanakan. Bahkan, hingga saat ini jajaran Kodim 0205/TK telah melakukan upaya penambahan bibit yang akan ditanam serta perluasan lahan. “Untuk wilayah Tanah Karo, kami tetap melaksanakan secara terus menerus program Toba Go Green. Kami juga sudah mempersiapkan pembibitan pohon di Markas Komando Makodim dan setiap Makoramil.
 
Lebih lanjut Kolonel Inf Budi Heriyanto menyampaikan untuk mengatasi kekeringan pada bibit pohon yang ditanam, mereka telah membuat tabung air dari botol mineral yang sudah di lobangi dan digantung pada anjir yang di patok dekat batang bibit untuk antisipasi kekeringan pada musim kemarau. Diakhir acara Kol inf Budi Heriyanto menyebutkan fungsi pepohonan yang sudah dan yang akan ditanami sebagai sarana penyerap dan penyimpanan air pada musim penghujan atau Kawasan Tangkapan Air yang meliputi 7 Kabupaten di Seputaran Danau Toba. Sehingga, penanaman pohon melalui program Toba Go Green akan dapat menjaga kelestarian Danau Toba. “Danau Toba memiliki sumber air yang cukup banyak. (Pendam I/ Dispenad).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura Puspen TNI Kodam III/Siliwangi Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Evaluasi Penanaman Pohon “ TOBA GO GREEN ”