TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Optimalisasi Peran TNI

By 17 Jul 2012 06:09Secapaad
images_img_Secapa_pedang


Wakil Komandan Secapaad Kolonel Infanteri Achmad Yuliarto, S.Sos menjadi Irup pada Upacara 17-an bulan Juli Selasa 17/7/2012 dilapangan Wiradhika Bumi Panorama Secapaad yang di ikuti oleh seluruh organik Militer dan PNS Secapaad. Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Caj Drs Jono Marjono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Umum Secapaad.

Pada Amanatnya Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE yang dibacakan Irup bahwa tugas TNI ke depan akan semakin berat dan sangat kompleks seiring dengan perkembangan situasi global dan dinamika lingkungan masyarakat yang semakin dinamis. Untuk itu saya mengharapkan, agar kita semua mampu mengoptimalkan inovasi dalam segala hal dan etos kerja yang tinggi guna mencapai optimalisasi tugas pokok satuan. Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa “optimalisasi” peran TNI merupakan wujud partisipasi aktif dan kontribusi nyata TNI dalam proses pembangunan nasional pada khususnya, serta kehidupan berbangsa dan bernegara pada umumnya, yang saat ini sedang didera berbagai tantangan dan cobaan.

Lebih lanjut Panglima TNI menegaskan bahwa “optimalisasi” peran TNI sama sekali bukan bentuk ekspansi TNI seperti di masa lalu, untuk mencampuri atau mengambil alih peran dan tugas pokok institusi lain. Optimalisasi peran TNI, semata-mata merupakan panggilan moral dan fungsional TNI, dalam rangka menunaikan “tugas kemitraan” atau “tugas perbantuan TNI” kepada institusi atau lembaga lain, sepanjang diperlukan, sesuai dengan kemampuan dan batas kemampuan TNI, seperti sekarang yang kita lakukan dalam bentuk TMMD dan manunggal KB-kesehatan yang berlangsung cukup efektif.

Sebelum mengakhiri amanatnya Panglima TNI mengucapankan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat muslim, disertai harapan semoga ibadah puasa yang kita laksanakan dapat menambah kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, serta mempertebal sikap toleransi antar umat beragama di lingkungan kita.

Diakhir amanat Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh prajurit dan pns TNI, yaitu tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan jaga toleransi antar umat beragama agar tercipta kerukunan dan sikap saling menghormati, tingkatkan profesionalitas keprajuritan dengan cara peningkatan kapasitas, kapabilitas dan keterampilan keprajuritan, pegang teguh dan amalkan komitmen Netralitas TNI dalam politik praktis, jaga dan tingkatkan soliditas dan solidaritas prajurit, baik internal maupun antar angkatan, sebagai fondasi terwujudnya persatuan di tingkat nasional, tingkatkan optimalisasi peran TNI di bidang OMSP, agar pembangunan nasional di daerah dapat lebih dipacu, lebih berhasil dan berdaya guna. (Penhumas Secapaad/Dispenad)

Sejarah
Next Post

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Optimalisasi Peran TNI