TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IX/Udayana (Belajar dan Berlatih)

By 23 Jul 2012 04:11Kodam IX/Udayana
images_img_Kodam9_23072012dam9


Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya,mengambil Jam Komandan setelah pelaksanaan Upacara hari Senin di Lapangan Apel Makodam IX/Udayana pada (23/7).

Jam Komandan diikuti oleh segenap peserta upacara yang terdiri dari Para pejabat teras Kodam IX/Udayana, Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara Tamtama, klompok Musik Ajendam IX/Udayana dan Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Makodam IX/Udayana.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana memberikan pengarahan yang pada intinya mengajak segenap warga Kodam IX/Udayana untuk senantiasa belajar dan berlatih dalam upaya untuk meningkatkan kualitaas pengabdian kepada Bangsa dan Negara sesuai dengan bidang tugas masing-masing,tidak ada Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil yang hebat tanpa belajar dan berlatih.

Selanjutnya Pangdam IX/Udayana menjelaskan dalam upaya untuk meningkatkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara dengan menggunakan pendekatan kata  “ U D A Y A N A “ yang dapat dimaknai dengan pemahaman dalam kontek dan aplikasinya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Huruf “ U “  adalah  ” Utama “ yang berasal dari “ Budi Bhakti Wira Utama “, utama yang dimaksudkan disina adalah Sifat-sifat  luhur, yang mempunyai sifat luhur itu adalah Tuhan, dalam melaksanakan tugas harus mengutamakan kepentingan tugas itu sendiri dan senantiasa ingat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. “ D” adalah Dharma (kebenaran) yang dimaksudkan adalah Dharma Agama  yaitu  Kewajiban untuk memahami dan mendalami serta mengamalkan ajaran agama masing-masing, Dharma Sastra yaitu senantiasa meningkatkan pengetahuan dengan cara belajar, Dharma Wacana yaitu memberikan pengarahan dan mempunyai kemauan untuk mendengarkan orang lain, Dharma Tula kemampuan untuk berdiskusi dan dapat berkoordinasi dengan baik, Dharma Sedhana yaitu memberikan sedekah ataupun sumbangan kepada yang membutuhkan, Dharma Yatra yaitu saling kunjung mengunjungi satu sama lainnya, Dharma Santi yaitu bersilaturahmi dan saling kenal secara lebih mendalam dari hati-kehati dan bisa saling maaf memaafkan.”A” adalah “Ang,Ung,Mang” yaitu Lahir, hidup,Mati atau Mencipta,Memelihara dan Melebur,yang dimaksudkan adalah didalam belajar harus berkesinambungan atau terus-menerus. “ Y “ adalah Yadnya berarti Berkorban, berkorban tenaga, berkorban waktu, berkorban perasaan, berkorban materi dan bahkan berkorban jiwa dan raga. ‘ A “ adalah Ahimsa berarti tidak membunuh,yang dimaksudkan disini adalah tidak membunuh kreatifitas yang positif,tidak membunuh inovasi,tidak membunuh ide-ide positif anggota melainkan kreatifitas,inovasi dan ide-ide positif anggota harus dipupuk. “ N “ adalah Niskala/Sekala berarti yang tidak nyata dan yang nyata,maksudnya adalah percaya kepada yang tidak nyata dan yang nyata,jabarannya adalah ada ataupun tidak ada atasan/pimpinan harus tetap melaksanakan tugas dengan baik. “ A “ adalah  Awighnamastu/Astungkar, berarti ungkapan rasa syukur dan ucapan terima kasih, kita harus bisa bersyukur dan berterima kasih terhadap apa yang sudah kita capai.

Demikian pengarahan Pangdam IX/Udayana dalam pelaksanaan “ Jam Komandan “ yang diikuti secara saksama oleh anggota Makodam IX/Udayana,beliau mewanti-wanti mengajak eluruh anggota untuk belajar,belatih,belajar dan belajar.(Pendam 9/Dispenad)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IX/Udayana (Belajar dan Berlatih)