TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Melepas Satgas Yonif 312/KH ke Atambua.

By 23 Jul 2012 07:29Pengamanan Perbatasan NTT
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja melepas Satgas Yonif 312/KH yang akan melaksanakan tugas operasi pengamanan wilayah perbatasan RI-RDTL bertempat di Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta, Senin (23/07).

Satgas Yonif 312/KH Brigif 15/Kujang II Kodam III/Siliwangi akan menggantikan Satgas Yonif 744/SYB menjalankan tugas operasi pengamanan wilayah perbatasan RI-Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) di daerah Atambua Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam amanatnya Pangdam III/Siliwangi menegaskan keberhasilan dalam mengemban tugas pengamanan perbatasan RI-RDTL ini, tidak saja akan  berdampak positif terhadap upaya  menjaga keutuhan wilayah NKRI, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan rakyat terhadap kredibilitas TNI sebagai alat pertahanan negara, serta secara langsung akan meningkatkan citra Siliwangi sebagai salah satu satuan terpercaya di jajaran TNI Angkatan Darat.

Sebagai Prajurit Siliwangi lanjut Pangdam, tentunya telah paham bagaimana seharusnya berbuat untuk menjaga citra satuan agar bisa berhasil melaksanakan tugas. Semua persiapan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan di tempat tugas, telah kalian dapatkan melalui latihan selama di pangkalan. “Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kalian untuk tidak siap melaksanakan tugas operasi ini, ” tekan Pangdam.

Untuk menunjang keberhasilan tugas operasi, Pangdam mengingatkan kepada seluruh personel Satgas Yonif 312/KH untuk memperhatikan dan memahami sistem sosial, budaya dan tradisi masyarakat setempat secara baik dan mendalam. Dengan penguasaan sosio-kultural masyarakat di daerah operasi, memungkinkan kita untuk dapat melakukan komunikasi dengan masyarakat dan memudahkan beradaptasi terhadap lingkungan tugas. Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah para prajurit sekalian untuk selalu memelihara kelestarian lingkungan sekitar penugasan, baik flora maupun fauna setempat.

Menurut Pangdam  kemampuan  beradaptasi  dengan  lingkungan  juga  akan memudahkan dalam melaksanakan tugas pengamanan maupun Binter secara terbatas guna menarik simpati masyarakat, sehingga kehadiran Satgas Yonif 312/KH dalam menjaga perbatasan RI-RDTL dapat diterima dengan baik serta mendapat dukungan dari rakyat setempat.

“Tunjukkan jati diri kalian, bahwa kalian adalah prajurit-prajurit Siliwangi yang handal dan profesional. Berusahalah untuk selalu dekat di hati rakyat, demi kelancaran dan keberhasilan tugas kalian. Hindari sikap-sikap arogan, over acting dan penampilan yang berlebihan di tengah-tengah masyarakat,” pinta Pangdam.

Diakhir amanatnya Pangdam menekankan agar seluruh personel Satgas Yonif 312/KH menjaga kekompakan dan soliditas pasukan serta menumbuhkan solidaritas dan loyalitas terhadap pimpinan maupun teman seperjuangan.

Hadir  dalam  kesempatan  itu  Pangkolinlamil,  Irdam,  Para  Danrem,  Para Asisten dan Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi. (Pendam III/Slw).

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Melepas Satgas Yonif 312/KH ke Atambua.