TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pendidikan Faktor Penentu Kemajuan Bangsa

By 27 Jul 2012 05:36Kodam III/Siliwangi
images_img_Kodam3_31072012maung

Diantara sekian banyak agenda pembangunan bangsa, pendidikan merupakan salah satu agenda penting dan strategis yang menuntut perhatian sungguh-sungguh dari semua pihak. Hal ini disebabkan karena pendidikan adalah faktor penentu kemajuan bangsa di masa depan. Jika suatu bangsa berhasil membangun dasar-dasar pendidikan nasionalnya dengan baik, maka akan berdampak pada kemajuan dibidang lainnya.

Hal tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Sudirman Kadir pada acara sosialisasi Program Studi Magister (S-2) Universitas Jenderal Achmad Yani di Ruang Kosasih Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh 69 Bandung,  Kamis (26/07).

Sosialisasi Program Studi S-2 Unjani  disampaikan oleh Ketua Prodi Unjani Prof. DR. H. Dede Mariana, M.Si. dihadiri oleh Para Asisten, para waas, dan Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi.

Pembangunan bidang pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah bersama-sama dengan masyarakat merupakan upaya pengejewantahan salah satu cita-cita nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Proses pencerdasan bangsa dilakukan baik melalui jalur sekolah maupun jalur luar sekolah. Sehingga pada gilirannya, kesempatan untuk memperoleh pendidikan untuk semua (education for all) semakin dirasakan masyarakat, karena pendidikan dijadikan kebutuhan pokok (basic needs) dalam kehidupan masyarakat.

Menurut Pangdam dimensi pendidikan menjadi semakin urgen dan strategis, terlebih di era globalisasi sekarang ini yang sarat dengan iklim kompetisi. Dengan demikian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu maupun organisasi, termasuk di lingkungan militer.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, Unjani merupakan salah satu perwujudan dari fungsi kekuatan sosial TNI AD yang berkonsentrasi pada dunia pendidikan. Didirikan oleh Yayasan Kartika Eka Paksi pada tahun 1990, Unjani diperuntukan bukan saja bagi Prajurit dan PNS TNI AD yang ingin melanjutkan studinya pada jenjang yang lebih tinggi, tetapi juga bagi masyarakat umum seiring dengan dinamika pendidikan nasional yang semakin maju.  (Pendam III/Dispenad)
 
 
POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pendidikan Faktor Penentu Kemajuan Bangsa