TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penugasan Meningkatan Keterampilan Dan Pengetahuan Prajurit

By 20 Jul 2012 00:31Kodam III/Siliwangi
images_img_Kodam3_20072012

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widaja menegaskantolok ukur keberhasilan suatu penugasan tidak bisa diukur dari selesai dan tuntasnya kegiatan tersebut dilaksanakan, tetapi terletak pada bagaimana proses tersebut dapat semakin meningkatkan kemampuan dan menambah keterampilan serta pengetahuan seluruh personel.

Penegasan tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi dalam amanatnya yang dibacakan Irdam III/Siliwangi  Kolonel Inf Robert R. Lumempouw pada upacara Penutupan Purna Penugasan Operasi “Siliwangi Sakti” Yonif 320/Badak Putih di Mako Yonif 310/KK Cikembar Kabupaten Sukabumi, Kamis (19/07).

Lebih lanjut diungkapkan Pangdam kesiapan Satuan dan seluruh Prajurit dalam mengemban tugas pokok akan banyak tergantung pada kemampuan dari setiap unsur dan staf, karena kesiapan Satuan dalam mengemban tugas pokok akan banyak tergantung kepada kemampuan dari setiap unsur dan staf yang ada di satuan ini.

Membangun kualitas Prajurit yang professional menurut Pangdam harus dimulai dari unsur pimpinan, terutama dalam menjabarkan tugas pokok Satuan ke dalam Protap dan prosedur kerja yang lebih operasional, sehingga dapat dimengerti dan dilaksanakan oleh setiap staf bawahannya masing-masing.

Kemampuan Satuan dalam melaksanakan tugas pokoknya akan tergantung pada kemampuan dari setiap unsur dan staf yang ada di Satuan. Ini berarti pula pula bahwa untuk membangun kualitas Prajurit yang profesional harus dimulai dari unsur pimpinan, terutama dalam menjabarkan tugas pokok Satuan ke dalam Protap dan prosedur kerja yang operasional, sehingga dapat dimengerti dan dilaksanakan oleh setiap staf bawahannya masing-masing.

Apabila hal tersebut dapat dilaksanakan, maka kemampuan Satuan dan Prajurit dalam melaksanakan tugas pokoknya dengan sendirinya dapat diwujudkan dengan optimal,” ujar Pangdam.

Lebih jauh Pangdam menjelaskan kondisi satuan seperti itu harus dapat diciptakan, mengingat tantangan tugas yang dihadapi semakin meningkat intensitas maupun eskalasinya.

Diingatkan pula oleh Pangdam, kesiapan satuan untuk mengantisipasi perubahan lingkungan tugas menjadi signifikan untuk terus diupayakan setiap saat. Harapannya adalah segala ancaman dan gangguan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi, sekaligus upaya tindakan pencegahannya dapat segera dilakukan sesuai dengan kapasitas yang diberikan komando atas.

Hadir dalam kesempatan itu, para Asisten dan Kabalakdam III/Siliwangi. (Pendam III/ Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penugasan Meningkatan Keterampilan Dan Pengetahuan Prajurit