TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penutupan Rakor “Rencana Tindakan Menghadapi Kontijensi (Rentinkon)”

logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Rencana Tindakan menghadapi Kontinjensi (Rentinkon) Kotamaops pada hakikatnya merupakan dokumen strategis jangka pendek Kotama yang berisi tentang rencana pelibatan kekuatan unsur-unsur Kotamaops untuk menghadapi kontinjensi diwilayah tanggung jawabnya. Dimana penyusunan Rentinkon Kotamaops harus terencana, terpadu, komprehensif, dan aplikatif dengan mengutamakan kekuatan yang ada (kekuatan nyata) di Kotamaops tersebut sesuai dengan wilayah tanggung jawabnya, serta dapat mensinergikan dan mengitegrasikan kekuatan lain yang ada di wilayah.

Adapun tujuan Rakor ini adalah untuk mengetahui sejauhmana antisipasi dan kesiapsiagaan masing-masing Kotamaops TNI dalam merumuskan dan mengaplikasikan rencana tindakan menghadapi kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi di wilayah tanggung jawab masing-masing dan Rakor ini juga sebagai sarana komando atas untuk mendapatkan bahan masukan, berupa kontinjensi terpilih sebagai bahan penyusunan rencana kontinjensi TNI 2013 serta penyusunan program kerja bidang operasi karena kita ketahui bersama bahwa sesuai dengan sistim perencanaan pembangunan TNI, rentinkon Kotamaops merupakan salah satu dokumen pendukung dalam penyusunan program kerja TNI.

Selama pelaksanaan Rakor, para peserta sudah menunjukan kesungguhan dalam melaksanakan Rakor khususnya dalam pelaksanaan diskusi, sehingga tujuan Rakor yang kita harapkan dapat dicapai. Selain menghasilkan konsep-konsep Rentinkon terpilih yang sudah disepakati tersebut, dan saya yakin bahwa pelaksanaan Rakor ini juga telah menambah wawasan dan meningkatkan jalinan kerjasama dan hubungan yang sangat erat diantara peserta. Karena itu manfaatkan pengalaman Rakor ini untuk mengembangkan dokumen operasi yang sudah ada dan pelihara terus komunikasi dan koordinasi antar Kotamaops dalam rangka menghadapi tugas-tugas ke depan.

Selanjutnya untuk menyempurnakan dan mengefektifkan pelaksanaan Rakor yang akan datang, agar masing-masing Kotamaops segera mengevaluasi pelaksanaan penyusunan Rentinkon di masing-masing Kotamaopsnya, segera sesuaikan tata cara dan mekanisme penyusunannya dengan ketentuan yang baru, yang sudah dijelaskan oleh narasumber dari Sesko TNI, sehingga sebelum pelaksanaan Rakor seluruh bahan-bahan Rakor yang akan didiskusikan sudah betul-betul siap. Khusus kepada peninjau dari Staf Umum Mabes TNI, agar Rentinkon terpilih hasil Rakor ini dapat sebagai bahan dalam penyusunan Rentinkon TNI untuk Tahun 2013 dan kepada para Asops Kotamaops lain (Kostrad, Kopassus, Kormar, Kolinlamil dan Korpaskhas), manfaatkan informasi yang didapat pada Rakor ini untuk segera menjabarkan penyusunan rencana pelibatan masing-masing, jika suatu saat satuannya dikerahkan untuk membantu/ memperkuat Kotamaops Kewilayahan dalam menghadapi kontinjensi. Semua keberhasilan Rakor ini tentunya juga tidak terlepas dari kesiapan peserta, penyelenggara dan pendukung yang dilandasi semangat, disiplin motivasi dalam melaksanakan tugas masing-masing.

Demikian Asops Panglima TNI Mayjen TNI Hambali Hanafiah dalam amanatnya pada penutupan Rakor Rentinkon Kotamaops th. 2013 kelompok – I Wilayah Barat di Kodam II/Swj yang dibacakan oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Nugroho Widyotomo, Rabu 11 Juli 2012 bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang.

Hadir dalam acara tersebut, Irdam II/Swj, Para Pejabat Teras Kodam II/Swj, Para Dan/Ka Balakdam II/Swj, serta Para peserta Rakor Rentinkon Kotamaops Th. 2013 Kelompok – I Wilayah Barat di Makodam II/Swj. (Pendam II/ Dispenad).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam V/Brawijaya Berita Satuan Kostrad Dinas Psikologi Kodam XVII/Cenderawasih Kodam XII/Tanjungpura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penutupan Rakor “Rencana Tindakan Menghadapi Kontijensi (Rentinkon)”