TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pos Sei Tekam Terima Kunjungan Danrem 121/ABW

By 23 Jul 2012 04:00Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_23072012abw


Masih dalam rangkaian kunjungan ke Pos-Pos Pengaman Perbatasan yang dilaksanakan oleh Satgas Pamtas RI-Malaysia yang dilaksanakan oleh Yonif Linud 305/Tengkorak Brigif 17 Divisi I Kostrad, pada Selasa (17/7) setelah mengunjungi Pos Pamtas Segumun, Danrem 121/Abw Kolonel Inf. Binarko Sugihantyo melanjutkan perjalanan ke Pos Sei Tekam yang ditempuh selama 1 jam perjalanan.

Awalnya iring-iringan kendaraan yang ditumpangi Danrem 121/Abw beserta rombongan berjalan lancar dengan kecepatan sekitar 20 km/jam dikarenakan konstruksi jalan yang terbuat dari tanah dan baru saja malam harinya diguyur hujan. Akan tetapi sekitar 35 menit perjalanan tepatnya diujung Dusun Guna Banir, perjalanan terhenti karena didepan terlihat beberapa penduduk dan ada diantaranya seorang Ibu, yang sedang bersusah payah menyingkirkan sebatang pohon yang sepertinya tumbang dan melintang ditengah jalan yang dilewati oleh rombongan Danrem 121/Abw. Melihat hal tersebut, dengan serta merta Danrem 121/Abw turun diikuti oleh seluruh rombongan. Ternyata para penduduk yang berjumlah 4 orang tersebut terdiri dari 1 keluarga dipimpin Ibu mereka yang dipanggil Mamak. Dengan sigap Danrem 121/Abw mengambil parang yang dipegang oleh Mamak dan mulai memotong ranting serta akar yang masih menyelimuti pohon jenis Sakai agar mudah untuk dipotong-potong dan disingkirkan. Sedangkan rombongan yang lain seperti Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Danyonif Linud 305/Tengkorak Brigif Linud 17 Divisi Kostrad Letkol Inf. Elkines Vilando, Kasioprem 121/Abw Letkol Kav. Janto Imanuel, Kasipers Rem 121/Abw Mayor Inf. Vivin, Kapenrem 121/Abw Mayor Kav. Eddy Wijaya, Pasiop Satgas Yonif 305/Tengkorak Kapten Inf. Kunto Adi, Danki C Yonif Linud 305/Tengkorak Lettu Inf. Ade Kurniawan, serta beberapa prajurit Yonif 305/Tengkorak bahu-membahu menyingkirkan batang pohon yang berserak menghalangi jalan yang merupakan jalan poros antar dusun yang menghubungkan beberapa Dusun seperti Dusun Guna Banir, Sei Tekam, Sai Amplas dan beberapa dusun lainnya. Seorang prajurit Yonif 305/Tengkorak juga terlihat membagikan air mineral kepada keluarga tersebut.

Setelah sekitar 30 menit membantu masyarakat menyingkirkan pohon yang tumbang, dan seluruh batang pohon telah bersih dari jalan, rombongan Danrem 121/Abw kembali melanjutkan perjalanan menuju Pos Sei Tekam. Waktu saat itu menunjukkan pukul 12.20 Wib dan matahari sedang terik, rombongan dengan penuh semangat melanjutkan perjalanan.

Pukul 12.50 Wib, rombongan tiba di Pos Sei Tekam. Danpos, Letda Inf. Hermanto Pungki Prabowo menyambut kedatangan Danrem 121/Abw beserta rombongan. Pos Sei Tekam  yang memiliki sektor pengawasan panjang garis batas sepanjang 12 km dan pengawasan patok sebanyak 90 buah tersebut berada diatas ketinggian dengan jarak pandang ke garis batas cukup terbuka.

Sebelum memberikan pengarahan, Danrem 121/Abw melakukan ibadah sholat dan makan siang bersama seluruh prajurit yang berada di Pos. Hadir juga di pos tersebut Bapak Marianus Kadus Sei Tekam.

Sebelum meninggalkan Pos Sei Tekam untuk melanjutkan perjalanan menuju Pos Kout di Balai Karangan, Danrem menyempatkan diri untuk  memberikan pengarahan kepada seluruh personil Pos Sei Tekam. Seusai memberikan pengarahan, Danrem 121/Abw beserta rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Balai Karangan. (Penrem 121/Dispenad)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pos Sei Tekam Terima Kunjungan Danrem 121/ABW