TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sejarah Direktorat Zeni

By 20 Jul 2012 04:47WEBSITE-Direktorat Zeni
images_logo_jajaran_lamditzi

Ditziad
Direktorat Zeni TNI Angkatan Darat


Berita | Visi & Misi | Sejarah | Pejabat Ditzi | Pejabat Ka Satzi | Pejabat Dan Satzi

SEJARAH

1. Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia . Dengan Proklamasi ini segenap bangsa Indonesia merupakan suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat.

2. Selaras dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada bangsa dan negara , maka pada tanggal 22 Agustus 1945 dibentuklah suatu wada rakyat pejuang dengan sebutan Badan Keamanan Rakyat (BKR). Lembaga ini bukan merupakan suatu Tentara Kebangsaan melainkan bagian dari Badan Penolong Keluarga Korban Perang (BPKKP).

3. Sementara pemerintah secara formal mengesahkan berdirinya BKR, rakyat pejuang secara spontan membentuk kelompok berupa lascar. Diantara beberapa lascar memiliki unsure Zeni antara lain : Laskar Jawatan Kereta Api, Laskar Buruh, Laskar Minyak dan sebagainya.
Mengingat ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia makin lama makin meningkat dan juga sesuai saran dari bapak Oerip Soemohardjo yang menyatakan bahwa “ Aneh suatu negara tanpa Tentara “ maka pada tanggal 5 Oktober 1945 pemerintah mengeluarkan maklumat tentang pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

4. Pada kesempatan ini sebagian Laskar masuk kedalam wadah TKR dan sebagian masih tetap mempertahnkan statusnya semula. Beberapa hari setelah maklumat 5 Oktober 1945, pemerintah mengumumkan komposisi personil pimpinan TKR. Soepriyadi diangkat sebagai pimpinan tertinggi TKR dan Oerip Soemohardjo sebagai Kepala Staf Umum dengan pangkat Letnan Jenderal. Mula-mula Kepala Staf Umum menyusun organisasi Markas tertinggi TKR dan Markas Besar Umum di Yogyakarta, sesudah itu disusun divisi-divisi. Pembentukan TKR 1945, di Jawa Timur diikuti pula dengan pembentukan pasukan Teknik Gajah Mada yang dipimpin oleh Letkol Hasanudin. Pimpinan TKR Jawa Timur menugaskan Ir. Nowo Membentuk Dinas Genie. Pada saat yang bersamaan Soeratin seorang pegawai Osamu 1602 Buntai Kairibu Syucoku di Surabaya mengambil alih Buntai tersebut kemudian atas hasil perundingan antara Jepang dan pimpinan TKR, Buntai diserahkan kepada TKR pada tanggal 10 Oktober 1945.

5. Pada tanggal 15 Oktober 1945 Jenderal Dr. Mustopo selaku mewakili Menhan RI mengangkat Ir. Nowo dan Soeratin sebagai Komandan dan Wakil Komandan Genie, tanggal 15 Oktober inilah yang ditetapkan sebagai Hari Jadi Zeni TNI AD.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sejarah Direktorat Zeni