TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tradisi Penerimaan Pangdam IX/Udayana

By 12 Jul 2012 04:03Kodam IX/Udayana
images_img_Kodam9_18072012c

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya tiba di Wilayah Kodam IX/Udayana pada tanggal 9 juli 2012 dan disambut dengan suatu acara seremonial (Tepung Tawar) di Bandara Ngurah Rai dengan tujuan untuk memohonkan keselamatan agar Pangdam IX/Udayana yang baru saja dilantik senantiasa mendapat  kemudahan , keselamatan dan kesuksesan didalam mengemban tugas sebagai Panglima Kodam IX/Udayana.

pada Selasa (10/7) Pangdam IX/Udayana diterima dalam suatu acara Tradisi Satuan di depan Gedung Makodam IX/Udayana yang dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana,Danrem 163/Wira Satya,Para Asisten Kasdam IX/Udayana,Kabalakdam IX/udayana,Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana dan undangan lainnya.

Secara singkat dan tegas Pangdam IX/Udayana menyampaikan kesempatan pertama melaksanakan tugas sebagai Pangdam IX/Udayana akan melaksanakan sima karma dengan para pejabat instansi terkait dan segenap lapisan masyarakat sehingga terwujud kebersamaan dalam mengemban tugas sesuai dengan bidang tugas masing-masing dengan harapan agar kondisi keamanan wilayah Kodam IX/Udayana senantiasa dalam keadaan terkendali dan kondusif. Khusus untuk intern terutama yang berkaitan dengan pembinaan satuan beliau menitik beratkan kepada masalah profesionalisme yang bermuara pada latihan, karena tidak ada prajurit yang hebat tanpa belajar dan berlatih.

Selesai acara Tradisi Penerimaan dilanjutkan dengan acara penyerahan risalah di Ruang Erlangga. Acara ini  merupakan rangkaian dari pelaksanaan Serah Terima Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Jabatan Pangdam IX/Udayana yang telah dilaksanakan pada hari Senin Tanggal 9 Juli kemarin di Mabesad.

Pada kesempatan tersebut disampaikan sekilas gambaran tentang Kodam IX/Udayana yang memiliki  wilayah terdiri dari tiga Korem dan  masing-masing Korem membawahi satu provinsi. Korem 161/Wira Sakti wilayahnya meliputi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korem 162/Wira Bhakti wilayahnya meliputi Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Korem 163/Wira Satya wilayahnya meliputi Provinsi Bali. Masing-masing provinsi memiliki adat istiadat dan ciri khas tersendiri yaitu Nusa Tenggara Timur yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste mayoritas penduduknya beragama Kristen berkebudayaan Nasrani, Nusa Tenggara Barat mayoritas penduduknya beragama Islam dan berkebudayaan Islam dan Bali mayoritas penduduknya beragama Hindu dan berkebudayaan Hindu.

Wilayah Kodam IX/Udayana, khususnya Bali selain merupakan daerah tujuan wisata baik domestik maupun manca negara juga sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai even nasional maupun internasional dengan demikian

disamping melaksanakan tugas pokok pertahanan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, prajurit Kodam IX/Udayana juga melaksanakan tugas pengamanan VIP dan VVIP. Pengamanan ini memerlukan perhatian yang serius karena kegagalan dalam melaksanakan tugas ini maka dampaknya akan melumpuhkan sektor pariwisata sekaligus merusak citra Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya, karena masyarakat dunia melihat Indonesia secara umum hanya dengan melihat Bali, jika Bali aman maka Indonesia juga aman. (Pendam IX/ Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tradisi Penerimaan Pangdam IX/Udayana