TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upacara Penutupan Latihan Pra Tugas Tahap II Dan III Ki Satgas Pam Rahwan Yonif 752/VYS

By 24 Jul 2012 04:33Kodam XVII/Cenderawasih
images_img_Kodam17_24072012pamrahwan


Kasi Ops Korem 171/PVT Mayor Inf Polsan Situmorang, SE sebagai irup dalam upacara penutupan latihan Pra Tugas Tahap II dan III Kompi Satgas Pam Rahwan Yonif 752/VYS, bertempat di Aula Sudirman Yonif 752/VYS Jl. Basuki Rahmat KM. 10 Klasaman Sorong-Papua Barat, Sabtu (21/7).

Dalam amanat Kasi Ops Korem 171/PVT Mayor Inf Polsan Situmorang, SE yang membacakan amanat Danrem 171/PVT mengatakan bahwa secara maraton prajurit Ki Satgas Pamrahwan Yonif 752/VYS telah menerima pembekalan dalam latihan pratugas  tahap I, II dan tahap III baik secara teori maupun praktek diberbagai bidang berupa materi ilmu kemiliteran dan materi pengetahuan umum, sebagai bagian dari prasyarat pelaksanaan tugas pengamanan daerah rawan. Saya yakin dan percaya   bahwa,   seluruh   materi   telah   kalian selesaikan dengan baik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Sadarilah bahwa dengan disiplin, kerja keras dan bersungguh-sungguh dalam pelaksanaan latihan  akan membuahkan hasil yang baik bagi  pribadi, kelompok  dan   satuan, karena hal  tersebut  merupakan   suatu   kewajiban   yang harus diterapkan dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas di medan yang sebenarnya nanti, oleh karenanya  pelaksanaan latihan yang baik dan benar yang sudah dilaksanakan ádalah modal utama dalam pelaksanakan tugas.

 Diyakini dan dipercaya bahwa latihan yang sudah dilaksanakan, telah membentuk prajurit yang handal dan profesional dengan menguasai taktik, teknik dan mampu menguasai serta menggunakan   alat   peralatan   yang     menjadi tanggung jawabnya sehingga pada akhirnya mampu menampilkan jati diri TNI yakni sebagai   tentara   pejuang,   tentara   rakyat  dan tentara nasional yang menjadi Kesatria Pelindung Rakyat. Pelaksanaan latihan Pratugas tahap II dan III ini sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan tugas  mengamankan  daerah rawan oleh karena itu kekurangan dan hambatan yang ditemui selama pelaksanaan latihan hendaknya dapat menjadi bahan masukan yang bermanfaat dan untuk  menjadi acuan dan pedoman pelaksanaan tugas nantinya. Yang perlu dicamkan dan dilaksanakan adalah pahami dan resapi berbagai ilmu serta pengetahuan yang telah kalian dapatkan  selama latihan dan aplikasikan dengan sebaik-baiknya dimedan tugas yang sesungguhnya   dengan   ditunjang   oleh    sikap kreatif dan penuh inisiatif serta semangat juang yang tinggi.

Diharapkan hendaknya setiap prajurit dapat menerima amanah sebagai suatu kehormatan dan sekaligus beban tanggung jawab yang harus diemban dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab yang harus dipertanggung jawabkan kepada  keluarga, satuan, Bangsa  dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Tuhan Yang Maha Esa.

Ada beberapa masukan/koreksi  yang perlu dicermati dan dilaksanakan antara lain :

Pertama, Pelaku belum mampu mengolah keterangan menjadi data intelijen sehingga olah yudha kurang  tajam.

Kedua, Pelaku belum mahir  menggunakan kompas dan peta, dilapangan.

Ketiga, Naluri tempur pelaku belum peka terhadap perkembangan situasi  dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Keempat, Wasit/Pelatih belum bisa mengembangkan materi latihan yang dilaksanakan.

 Walaupun latihan pratugas sudah ditutup tetapi latihan pemeliharaan kemampuan harus tetap dilaksanakan dan ikuti terus perkembangan situasi sebagai bekal para prajurit dalam melaksanakan tugas. Turut hadir dalam acara tersebut Komandan Satuan dan Kabalak Aju Korem 171/PVT, para Kasi dan Pasi Korem 171/PVT serta seluruh prajurit Yonif 752/VYS.(IKS) (Pendam 17/Dispenad)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Penutupan Latihan Pra Tugas Tahap II Dan III Ki Satgas Pam Rahwan Yonif 752/VYS