TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Al-Qur’an Relevan Dengan Berbagai Problem Yang Dihadapi

By 09 Aug 2012 01:49Kodam III/Siliwangi
images_img_Kodam3_pendam3_kamis09082012

 

Pangdam III/Siliwangi mengatakan konsep-konsep yang terkandung dalam Al-Qur’an senantiasa relevan dengan berbagai problema yang dihadapi. Al-Qur’an diturunkan untuk mengajak manusia berdialog dengan penafsiran, sekaligus memberikan solusi terhadap problema tersebut di manapun kita berada, termasuk dapat memantapkan disiplin dan profesionalisme Prajurit TNI dalam rangka meningkatkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Hal tersebut dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Sudirman Kadir pada acara peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Al Ikhlas Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh 69 Bandung, Rabu (8/8).

Peringatan Nuzulul Qur’an yang diisi penceramah DR. KH. Muhtar Kholid dari Pesantren Babussalam Ciburial Bandung dihadiri oleh lebih dari 1000 jamaah terdiri dari para Asisten, Kabalak, Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi, para prajurit dan PNS Kodam III/Siliwangi serta anggota Persit KCK.   

Lebih lanjut Pangdam mengungkapkan Peringatan Nuzulul Qur’an merupakan salah satu upaya Komando mengisi kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Sejalan dengan hal tersebut, kehadiran kita harus dilandasi kesadaran dan niat yang tulus untuk menimba ilmu dan keinginan untuk memiliki pemahaman yang benar terhadap ajaran agama, sehingga amaliyah ibadah yang kita laksanakan lebih bermakna dan berkualitas, sesuai dengan petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Pangdam mengharapkan melalui peringatan Nuzulul Qur’an dapat memotivasi untuk meningkatkan kualitas pengamalan keagamaan, serta meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara melalui profesi keprajuritan.

Untuk dapat mengaktualisasikan kandungan Al-Qur’an ini menurut Pangdam diperlukan pemahaman yang benar, dan untuk memiliki pemahaman yang benar adalah dengan cara belajar, baik cara membacanya terlebih lagi terhadap isi dan maksud dari kandungan Al-Qur’an. Hal inilah yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh kita semua agar ibadah kita bisa lebih baik, lebih meningkat serta kian berkualitas karena didasari oleh ilmu.

Diakhir sambutannya Pangdam mengajak Prajurit dan PNS Kodam III/Siliwangi serta jamaah yang hadir untuk mengisi hari-hari terakhir di Bulan Ramadhan ini dengan senantiasa membaca, memahami dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kapasitas kita sebagai Prajurit dan PNS TNI, maupun sebagai insan hamba Allah SWT.

Sementara itu, DR. KH. Muhtar Kholid dalam tausiyahnya mengajak untuk senantiasa mengedepankan toleransi dalam beribadah dan membangun keharmonisan sosial serta  selalu menjadikan Al-quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup. (Pendam III/ Dispenad).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Al-Qur’an Relevan Dengan Berbagai Problem Yang Dihadapi