TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Aparatur Negara Harus Mengawali Jadi Pemimpin Bagi Diri Sendiri

By 30 Aug 2012 05:28Kodam III/Siliwangi
images_img_Kodam3_aparatur-negara

Salah satu dampak negatif dari globalisasi dan reformasi adalah terjadinya erosi nasionalisme dan krisis moral serta terkikisnya ikatan nilai-nilai kebangsaan seperti : rasa cinta tanah air, bela Negara,  semangat patriotisme, menghormati perbedaan dan musyawarah mufakat.

Hal tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja saat memberikan ceramah kepada para Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Gedung Balai Runggu Dini IPDN Jatinangor, Kab. Sumedang, Rabu (29/08).

Ceramah Pangdam yang mengambil topik “Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Guna Mencegah Runtuhnya NKRI”, diikuti oleh 985 orang Praja tingkat akhir serta  dihadiri Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof. DR. Wirman Syafri, M. Si.

Lebih lanjut Pangdam mengingatkan akan terjadinya siklus 7 abad yang pernah terjadi dan menimpa dua kerajaan besar nusantara, yakni Kerajaan Sriwijaya (Abad 7) dan Majapahit (abad 14) yang pernah berjaya tetapi kemudian hancur bukan disebabkan invasi serangan musuh dari luar, tetapi karena persoalan dalam negerinya.

“Hancurnya kerajaan Sriwijaya dan Majapahit itu, jangan sampai terjadi pada NKRI,”  ingat Pangdam.

Menurut Pangdam, Bangsa dan Negara Indonesia perlu mengoptimalkan social capital  dalam menjaga keutuhan NKRI. Social capital yang dimaksud adalah toleransi dan semangat kesetiakawanan sosial, semangat musyawarah untuk mufakat, semangat nasionalisme dan patriotisme serta semangat gotong royong.

Pangdam juga menekankan  hadirnya acaman yang mungkin timbul pada era milenium ke tiga sekarang ini, dimana perang menggunakan kekuatan bersenjata bukan satu-satunya pilihan, tetapi yang harus diwaspadai adalah perang melalui penghancuran moral dan budaya.

Menghadapi tantangan jaman tersebut menurut Pangdam setiap anak bangsa perlu menumbuhkembangkan semangat rela berkorban bagi kepentingan bangsa, meningkatkan rasa senasib sepenanggungan, mempertebal soliditas sebagai aparat negara dengan diawali mampu menjadi pemimpin bagi diri sendiri untuk merubah kearah yang lebih baik,  serta memperkokoh pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. (Pendam III/Slw)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Dinas Penerangan Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Aparatur Negara Harus Mengawali Jadi Pemimpin Bagi Diri Sendiri