TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bangun Persatuan Dalam Keberagaman Bhineka Tunggal Ika

By 17 Aug 2012 01:58Dinas Penerangan
images_img_dispenad_upacara-17-agustus

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE mengatakan kita berkomitmen untuk membangun persatuan Indonesia dalam keberagaman Bhineka Tunggal Ika.  Keberagaman bangsa Indonesia adalah anugerah guna mewujudkan harmoni, yang harus dibangun dalam ruang toleransi. Hal tersebut dikatakan dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Logistik Kasad Mayjen TNI Joko Sri Widodo di Lapangan Upacara Markas Besar Angkatan Darat, Jum’at (17/8).

Hal tersebut dua diantara pilar-pilar yang harus terus kita hidupkan menuju kemakmuran masyarakat dan bangsa seperti yang dicita-citakan, sekaligus menjadi pedoman bagi TNI dalam mengemban tugas dan pengabdian sebagai garda terdepan dan benteng terakhir bangsa dan negara.

Panglima TNI mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-67 dan Selamat meraih Kemenangan Idhul Fitri 1433 Hijriah kepada segenap prajurit dan PNS TNI beserta keluarga dimanapun berada dan bertugas.

Upacara Bendera Tujuh Belasan kali ini menjadi upacara yang istimewa karena upacara Bendera dilaksanakan di tengah bangsa Indonesia sedang mengobarkan kembali semangat kebangsaan dengan merayakan hari kemerdekaan ke-67 dan Upacara Bendera dilaksanakan di penghujung bulan suci Ramadhan, dimana umat muslim yang sedang membangun kecerdasan hati dan meningkatkan kesolehan sosial melalui ibadah puasa di bulan Ramadhan, sambil menyongsong tibanya hari kemenangan bagi umat muslim  Hari Raya Idhul Fitri 1433 Hijriah.

Perayaan hari kemerdekaan merupakan salah satu upaya untuk mengingat dan mempelajari semua perjalanan keberhasilan dan kegagalan masa lalu suatu bangsa. Oleh karena itu sudah sewajarnyalah sejenak menundukkan kepala guna memberikan penghargaan dan penghormatan kepada para pendahulu yang telah berjuang merebut, menegakkan dan mempertahankan serta mengisi kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia, dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, termasuk mengorbankan jiwa dan raganya.

Sejarah mencatat, 67 Tahun bangsa Indonesia mengisi kemerdekaannya, merupakan rentang perjalanan yang tidak ringan dan tidak mudah bagi negeri ini untuk dapat mencapai kemakmuran, sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pendahulu dan pendiri negara Republik Indonesia ini.

Dengan menghayati kemerdekaan sebagai anugerah, rahmat dan amanat dari Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bangsa harus meyakini bahwa kemerdekaan nasional dan kedaulatan Indonesia akan senantiasa tegak dalam wujud negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, demikian antara lain amanat dari Panglima TNI. (Dispenad)

 

 

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bangun Persatuan Dalam Keberagaman Bhineka Tunggal Ika