TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Latihan Terpadu Geladi Penanggulangan Bencana Alam

By 14 Aug 2012 02:00Kodam IX/Udayana
images_img_Kodam9_14082012pmi

Pagi yang cerah itu tiba-tiba Gempa berkekuatan 8,3 SR mengguncang kota Denpasar, Bali. Banyak sekali gedung bertingkat  roboh, lalu lintas macet total, kendaraan yang sedang berlalu lintaspun bertabrakan tanpa terkendali sehingga puluhan bahkan ratusan rakyat yang terluka, berlumur darah, mengerang bahkan berteriak kesakitan.

Jumlah korban dan kerusakan sarana dan prasarana di Denpasar dan sekitarnya serta penanganan pengungsi menjadi suatu kompleksitas permasalahan disamping kendala sebagai akibat keterbatasan alat peralatan yang diperlukan untuk menanggulanginya.

Demikianlah penggalan skenario yang digelar di MaKorem 163/Wira Satya, jl PB Sudirman, Denpasar pada hari Jumat (10/8) pagi ketika prajurit Korem 163/Wira Satya melakukan  latihan simulasi penanggulangi bencana alam bersama pemkab Badung dan instansi terkait lainnya termasuk pelajar dan pramuka.

Latihan di Lapangan Korem163/WSA ini merupakan tahap “Dinamika” dari suatu geladi posko-1 Kodim 1611/Badung. Dimana acara pembukaan latihan tersebut telah dilakukan oleh Kasrem 163/WSA Letkol Arm I Made Sukarwa mewakili Danrem 163/Wira Satya pada hari Rabo (8/8) yang lalu. Sementara itu, pada waktu yang sama, bertempat di Lantai-3 Gedung Pusat Pemerintahan (Puspem) Kab Badung, Bupati AA Gede Agung juga menggelar Simulasi Penanggulangan Bencana yang diikuti oleh Kepala SKSD, unsur Lurah, LSM, unsur BPBD Kab Badung, Tokoh masyarakat, Balavista Kab. Badung dan Tagana Kabupaten Badung.

Geladi posko-1 Kodim 1611/Bdg dan latihan simulasi yang dilakukan Pemkab Badung jauh hari sebelumnya memang sudah direncanakan bersama-sama, sehingga nantinya pada tahap “Dinamika” bisa dikombinasikan dan dilakukan secara bersama-sama di Markas Korem 163/Wira Satya.

Digelarnya simulasi maupun Geladi Posko oleh kedua instansi berbeda tersebut sebenarnya tujuannya sama, yaitu merupakan upaya meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan jajaran instansi masing-masing dalam upaya mengantisipasi kemungkinan ancaman bencana yang mungkin terjadi.

“Dalam penanggulangan bencana tidak mungkin dilakukan oleh 1 kelompok saja tetapi harus dilakukan oleh semua pihak termasuk PMI. Kami dari PMI berterimakasih telah dilibatkan dalam Geladi ini dan berharap latihan penanggulangan bencana alam ini bisa dilakukan setiap tahun, ujar pimpinan PMI Denpasar Drs Nyoman Puasha Aryana M.si. (Pendam IX/Dispenad)

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Terpadu Geladi Penanggulangan Bencana Alam