TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 1008/Tjg Hadiri Rapat Pengamanan Menjelang Mudik Dan Lebaran

By 16 Aug 2012 01:40Kodam VI/Mulawarman
images_img_Kodam6_16082012_pamlebaran

Menjelang hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Tabalong melakukan rapat dengan Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Tabalong dan Muspika se-Kabupaten Tabalong di aula penghulu Rasyid Pemkab Tabalong Rabu (15/08).

Rapat yang dipimpin langsung Bupati Tabalong Drs. H. Rachman Ramsyi membahas tentang kesiapan menghadapi hari lebaran Idul Fitri, baik dari arus mudik, sistem keamanan lingkungan, hingga pelaksanaan shalat Idul Fitri yang akan dilaksanakan pada 1 Syawal 1434 Hijriah mendatang.

Agenda rapat tersebut membahas pengamanan arus mudik lebaran dan juga untuk situasi dan kondisi Kabupaten Tabalong baik dalam lebaran ataupun sesudah lebaran nanti. Termasuk juga dibahas kesiapan untuk pawai ta’ruf dimalam takbiran, termasuk juga pelaksanaan Shalat Id, serta pengawalan arus mudik, yang menggunakan angkutan udara, darat, dan sungai.

Dari hasil rapat tersebut, persiapan awal sudah terlaksana dengan baik, pos-pos yang diperlukan juga sudah direncanakan, suplay bahan bakar juga tidak terjadi masalah, sebagaimana disampaikan Dinas perindustrian dan perdagangan, sembako juga lancar

Untuk keamanan, tak bisa hanya diserahkan semata-mata kepada aparat keamanan saja, seperti Polres Tabalong, Kodim 1008/Tjg dan satpam. Keamanan tersebut merupakan tanggung jawab bersama, baik ketua RT, Kelurahan dan Kecamatan melalui sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) yang perlu dioptimalkan lagi. Karena selama ini Siskamling masyarakat banyak yang tidak berjalan dengan semestinya.

Dandim 1008/Tjg menghimbau kepada seluruh masyarakat, khusus untuk keamanan ini tidak bisa diserahkan kepada aparat saja, karena keamanan ini tugas kita bersama, RT dan RW untuk menghidupkan lagi siskamling, intensitas tinggi dalam persiapan segala macam untuk lebaran, sehingga banyak yang terabaikan seperti api di dapur, kunci rumah, listrik, sehingga rawan terhadap kebakaran. Kalau peluang ada, orang yang tak ada niat jadi terbuka niatnya untuk melakukan tindakan kejahatan. Untuk itu hidupkan poskamling. Setelah lebaran banyak rumah kosong, RT dan RW harus maksimalkan penjagaan keamanan, baik dari bahaya kebakaran, maupun orang jahil. Tahun ini keamanan dititik beratkan pada tempat-tempat hiburan dan rekreasi terutama di tempat wisata di Ds. Kinarum. Kec. Upau sebagaimana pengalaman tahun lalu terjadi korban jiwa akibat terseret arus sungai yang deras saat terjadi banjir. (Pendam VI/Mulawarman)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam VI/Mulawarman Kodam Iskandar Muda Kodam IX/Udayana Kostrad Kodam IV/Diponegoro Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 1008/Tjg Hadiri Rapat Pengamanan Menjelang Mudik Dan Lebaran