TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 091/Asn: Al Qur’an Panduan Hidup Bagi Umat Manusia

By 14 Aug 2012 00:39Kodam VI/Mulawarman
images_img_Kodam6_14082012alquran

Samarinda (13/08).  Meskipun sudah memasuki hari ke dua puluh empat puasa Ramadhan, Korem 091/ASN baru dapat  menggelar peringatan Nuzulul Qur’an, namun  tidak mengurangi makna peringatan tersebut. Terbukti dengan dipenuhinya Aula Manunggal Makorem 091/ASN oleh personel baik militer, PNS dan bahkan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana di jajaran Korem 091/ASN.

Kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an tahun 1433 Hijriah di awali dengan laporan Kabintal Korem 091/ASN Kapten Inf Soewardi S kepada Kasipers Korem 091/ASN selaku yang mewakili Komandan Korem.

Selanjutnya disusul dengan lantunan Surah Al Isro ayat 9 s.d 12 kitab suci Al Qur’anulkarim yang disampaikan oleh Sdr. Saeful Anwar yang menyandang gelar Qori terbaik kedua Qiroat Saba’ah tingkat Provinsi Kaltim tahun 2012 dilanjutkan dengan pembacaan Sari Tilawah oleh PNS Sri Endarti.

Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kasipers Korem 091/ASN Letkol Caj Drs. M. Arkan menyampaikan bahwa peringatan Nuzulul Qur’an, merupakan suatu momentum bagi umat Islam untuk instropeksi diri, sejauh mana kita memahami, menghayati dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Al-Qur’an adalah pedoman hidup manusia dan pedoman orang yang bertaqwa, maka jadikan Al-Quran sebagai penuntun kita, Insya Allah peningkatan keimanan dan ketaqwaan kita akan dapat terwujud, yang pada akhirnya membawa kita kepada pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang Islami.

Lanjut Danrem, Kitab suci Al-Qur’an merupakan kitab panduan hidup bagi umat manusia. Penemuan ilmu pengetahuan di dalam Al-Qur’an seperti penciptaan langit dan bumi itu membuktikan kewujudan dan kehadiran Allah SWT yang menciptakan segalanya dan pada hakikatnya bahwa dunia ini dan segala isinya termasuk manusia adalah milik Allah SWT.

Peringatan Nuzulul Qur’an tahun 1433 H kali ini mengambil tema ”Dengan Hikmah Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1433 H/2012 M, Kita Tingkatkan Profesionalitas TNI, Disiplin Dan Pengendalian Diri Guna Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.” 

Harapan Komandan Korem, dengan menyimak tema tersebut diatas, hendaknya seluruh prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil TNI AD khususnya di jajaran Korem 091/ASN ini dapat melakukan intropeksi diri terhadap pelaksanaan tugas selama ini.

Sehingga dapat dijadikan sumber motivasi dalam meningkatkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara pada masa mendatang, agar tugas yang diemban akan lebih berdaya guna dan berhasil guna. Untuk itu mari kita selalu memupuk keimanan, meningkatkan solidaritas sesama prajurit, dan selalu menjaga kerukunan  hidup dengan sesama umat manusia, terbinanya kekompakan dengan segenap komponen bangsa yang merupakan modal utama bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu Hikmah peringatan Nuzulul Qur’an yang disampaikan oleh Ustadz H.M. Mansyur AS menjelaskan bahwa Kitab Suci Al Qur’an bukanlah ciptaan Nabi Muhammad SAW atau ciptaan manusia lainnya, akan tetapi merupakan Kitab Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW dengan waktu yang cukup panjang yakni selama 22 tahun 2 bulan dan 2 hari.

Selanjutnya Ustadz H.M. Mansyur AS juga menyampaikan bahwa ada enam perkara yang harus dilakukan agar seseorang dapat mencapai derajat hidup yang baik menurut sahabat Rasulullah SAW Sayyidina Ali RH yakni; yang pertama selalu membaca Al Qur’an, karena dengan seringnya membaca ayat-ayat Al Qur’an dapat menyelamatkan kita di alam barzah dan kelak di padang Mahsyar. Kemudian yang kedua, Makmurkan Masjid, yang ketiga pengendalian diri, yang keempat Dermawan dan yang kelima Akhlaqul Karimah dimanapun berada serta yang keenam adalah Istiqomah dalam segala hal. Peringatan Nuzulul Qur’an diakhiri dengan pembacaan Do’a yang disampaikan oleh Ustadz H.M. Mansyur AS.(Penrem 091/Dispenad)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 091/Asn: Al Qur’an Panduan Hidup Bagi Umat Manusia