TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dansatgas Pamtas Yonif 413 Kostrad Kunjungi Pos Gabma Seliku Di Malaysia

images_img_Pamtas_31082012_pamtaskalimantan1

Dari 29 pos Satgas Pamtas Yonif 413 Kostrad yang tersebar di wilayah perbatasan Kaltim, terdapat 1 pos Yonif 413 Kostrad yang posisinya berada di wilayah Malaysia yaitu pos Gabma (Gabungan Bersama ) Seliku tepatnya di Kem Sri Seliku Malaysia yang berjarak ± 7 KM dari garis perbatasan. Personil Yonif 413 Kostrad berjumlah 1 Regu (10 orang) yang bergabung dengan personel TDM Malaysia yang berjumlah 28 orang serta kegiatan sehari- hari dibawah koordinasi Danpos TDM Malaysia.

Sebagai bagian dari komando dan pengendalian, maka beberapa hari yang lalu Dansatgas Pamtas Yonif 413 Kostrad Mayor Inf Joko Maryanto didampingi Perwira Staf Satgas mengunjungi Pos Gabma Seliku di Malaysia, pada rabu (8/8). Perjalanan melalui udara dengan menggunakan Hellykopter MI – 17, berangkat dari Tarakan menuju Seliku ditempuh dalam waktu 1 jam.

Setibanya di Pos Gabma Seliku disambut oleh Danpos dari TDM  Major Mingan dan Danpos Yonif 413 Kostrad Sertu Dwi Setiyono dilanjutkan dengan peninjauan pos dan penjelasan tentang kondisi perbatasan di  Seliku. Kegiatan Dansatgas dilanjutkan dengan pengarahan kepada personel Pos Seliku dan pemberian bingkisan lebaran. Setelah Sholat Dzuhur berjamaah dilanjutkan foto bersama, kemudian Dansatgas meninggalkan pos Gabma Seliku menuju Masatgas di Nunukan.

Menurut keterangan Dansatgas Pamtas Yonif 413 Kostrad, Mayor Inf Joko Maryanto sebenarnya kegiatan pos Gabma Seliku tidak jauh berbeda dengan pos-pos pamtas lainnya di Indonesia yaitu pengamanan wilayah perbatasan dan mencegah kegiatan illegal di perbatasan. Namun yang berbeda adalah bawa TDM Malaysia tidak memiliki program Binter seperti pos-pos pamtas Yonif 413 Kostrad di Indonesia. Sehingga Prajurit Yonif 413 di pos Seliku tidak melaksanakan kegiatan binter karena setiap kegiatan dibawah koordinasi TDM yang berada diwilayah Malaysia. Namun demikian moril Prajurit Yonif 413 Kostrad tetap semangat, kesehatan tetap terjaga dan kondisi fisik tetap terpelihara dengan baik, tambah Dansatgas.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dansatgas Pamtas Yonif 413 Kostrad Kunjungi Pos Gabma Seliku Di Malaysia