TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Geladi Posko II Brigif 9/2/Kostrad Dibuka

By 08 Aug 2012 07:07WEBSITE-Kodiklat
images_img_Kodiklat_08082012latancab

Guna mengantisipasi ancaman yang mungkin dihadapi oleh NKRI dan untuk mewujudkan kesiapan operasional satuan dan prajurit TNI AD yang berkualitas, TNI AD saat ini sedang fokus dan gencar melaksanakan berbagai kegiatan latihan.  Bila pada tahun-tahun sebelumnya hanya sebatas pada latihan tingkat Batalyon, maka seiring dengan  terjadinya peningkatan dukungan Anggaran  TNI AD pada TA. 2012 dibidang latihan, maka mulai tahun 2012 ditingkatkan menjadi latihan tingkat Brigade khususnya, latihan antar Kecabangan. Salah satu bentuk kegiatan latihan yang sedang dilaksanakan saat ini adalah dengan metode Geladi Posko II.  

Seperti pelaksanaan Geladi Posko II Brigade Infanteri 9/2 Kostrad TA. 2012, yang dibuka pada Rabu (8/8/2012) bertempat di Ds. Sukorejo Kec. Asembagus Situbondo – Jawa Timur. Pembukaan Geladi Posko II ditandai dengan pembukaan oleh Direktur Geladi dan diawali dengan pemberian Perintah Operasi (PO) Panglima Divisi 2 / Kostrad selaku Pangkogasgabrat, yang diwakili Kasdiv 2/Kostrad Brigjen TNI Anas Alvi kepada Komandan Brigade Tim Pertempuran (BTP) 9/2/Kostrad serta dilanjutkan dengan langkah-langkah prosedur hubungan komando dan staf Brigade.

Kegiatan latihan Geladi Posko II ini merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan untuk melatih Komandan dan Staf serta unsur pelayan Markas satuan dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku di suatu Markas Komando serta menguji efektifitas fasilitas di Markas Komando Satuan.

Melalui Geladi Posko ini diharapkan akan mampu mewujudkan sinergitas antar kecabangan yang ada di lingkungan TNI AD dalam melaksanakan manuver tingkat Brigade sekaligus sebagai sarana pematangan menuju latihan antar kecabangan tingkat Brigade yang akan dilaksanakan pada awal bulan September 2012 di Baturaja Sumatera selatan.

Adapun materi yang dikembangkan dalam Geladi Posko II ini adalah Prosedur hubungan Komando dan staf, Komando dan pengendali operasi, Perkiraan cepat, Hukum HAM dan Humaniter, Pengendali operasi Bantuan, Manuver Mobud, dan Dukungan bekal operasi.

Geladi Posko II kali ini mengangkat tema Brigade Tim Pertempuran melaksanakan operasi militer perang dalam rangka menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebanyak 341 pelaku dilibatkan dalam Geladi ini, yang terdiri dari Komandan dan staf Brigif 9/2/K, Komandan dan staf Denma Brigade berikut unsur satuan pelayanan Brigade serta para Komandan Batalyon, Komandan Kompi, Komandan Peleton satuan manuver dan satuan perkuatan.

Baik penyelenggara maupun pelaku Geladi Posko II tampak sangat antusias dan serius mengikuti seluruh rangkaian Geladi Posko yang berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 8 s.d 10 Agustus 2012.(Dispenad)

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Geladi Posko II Brigif 9/2/Kostrad Dibuka