TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Gelar Pasukan Satgas Ops Pamrahwan Yonif 200 Raider

By 16 Aug 2012 23:43Kodam II/Sriwijaya
images_img_Kodam2_gelar-pasukan-raider

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Nugroho Widyotomo berkesempatan melakukan pemeriksaan kesiap-siagaan Yonif 200 Raider selaku Satuan Tugas (Satgas) dalam melaksanakan tugas Pengamanan Daerah Rawan konflik, bertempat di Makoyonif 200 Raider, Gandus.

Gelar pasukan yang dilaksanakan pada hari ini berkenaan dengan kesiapan Satgas Yonif  200 Raider ke daerah Maluku dan Maluku Utara, dengan tujuan untuk mengecek sejauhmana kesiapan Satgas ini, baik kesiapan kesiapan personel, maupun kelengkapan alat dan peralatan yang akan digunakan. Pada kesempatan tersebut Pangdam menyampaiakan bahwa untuk selalu menumbuhkan kesadaran bahwa tugas merupakan kehormatan, harga diri dan kebanggan bagi prajurit TNI AD dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Perlu diingat bahwa setiap keberhasilan pelaksanaan tugas salah satunya ditentukan oleh kesiapan yang telah dilakukan,  persiapkan diri  baik secara fisik maupun mental, dengan didukung oleh perlengkapan yang  memadai. Apabila dalam pemeriksaan pasukan ini masih ditemui kekurangan, segera dilengkapi kekurangan tersebut. Adakan koordinasi dengan satuan terkait, agar Satgas Yonif 200 Raider ini benar-benar siap untuk melaksanakan tugas  operasi di daerah perbatasan Maluku dan Maluku Utara.

Selain itu, Penugasan saat ini berkaitan dengan profesi sebagai prajurit yang memiliki jati diri sebagai prajurit rakyat, prajurit pejuang dan prajurit nasional yang menjaga kedaulatan, keutuhan dan keselamatan bangsa. Untuk itu, TNI harus dapat melaksanakan tugas mulia  ini  dengan  sebaik-baiknya.  Pangdam juga berharap pada pelaksanaan tugas pengamanan nantinya dapat menjunjung tinggi norma dan aturan serta adat istiadat yang berlaku dimanapun kalian berada sehingga Yonif 200 raider dapat membawa nama baik Kodam II/Swj juga bagi TNI AD, hindari tindakan dan perilaku yang dapat merugikan nama baik satuan. Kunci utama keberhasilan tugas terletak pada bagimana kita dapat memahami tugas dan tanggung jawab kita sebagai prajurit TNI AD maka dari itu, Pangdam juga menekankan kepada setiap personel Satgas harus memahami dan bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing, dengan tetap berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 wajib TNI dan prosedur hukum yang berlaku serta selalu waspada dan peka terhadap setiap perkembangan situasi di lingkungan tugas nantinya.

Setelah acara pemeriksaan gelar kesiap-siagaan Yonif 200 Raider, dalam kesempatan ini pula, Pangdam menyempatkan diri untuk melaksanakan buka bersama dengan prajurit Yonif  200 Raider dan menyampaikan bahwa saat ini kita memasuki bulan suci Ramadhan, bagi umat Islam ibadah puasa dibulan suci Ramadhan ini adalah suatu ibadah yang wajib dilaksanakan selama satu bulan lamanya. Buka bersama ini merupakan moment yang sangat tepat dapat mempererat jalinan silahturrahim para unsur Pimpinan jajaran Kodam II/Swj dengan para prajurit Yonif 200 juga bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sehingga dalam tugas pengabdiannya senantiasa selalu dalam lindungan-Nya dan mendapatkan petunjuk serta bimbingan-Nya.

Acara tersebut dihadiri, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj dan para Pejabat Kodam II/Swj lainnya. (Pendam II/SWJ)

Gelar Pasukan Satgas Ops Pamrahwan Yonif 200 Raider