TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Irjen TNI Mayjen TNI Geerhan Lantara Memberangkatan Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua New Guinea

images_img_Kodam4_03082012pamtas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

       Upacara pemberangkatan Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua New Guinea yang berlangsung di Dermaga Tanjung Mas Semarang dipimpin oleh Irjen TNI Mayjen TNI Geerhan Lantara (13/7), sedangkan Batalyon yang diberangkatkan terdiri dari Yonif 121, 144, 408 dan Densanda Kopassus. Dalam sambutannya, Irjen TNI menegaskan, bahwa prajurit yang bertugas untuk senantiasa menjunjung tinggi “kehormatan” dan “kepercayaan” negara melalui unjuk prestasi, kinerja dan dedikasi yang tinggi.

     “Jaga dan junjung tinggi citra dan kehormatan bangsa, negara dan TNI, karena tugas yang diemban tidak hanya sekedar berdimensi operasi militer, melainkan juga berdimensi politis dan diplomatis. Hal tersebut memiliki pengaruh besar kepada kredibilitas Indonesia di Forum Internasional”, tegas Irjen TNI.

      Pengamanan yang dilaksanakan di perbatasan negara RI-PNG ini merupakan manifestasi utama yurisdiksi kedaulatan wilayah Indonesia terhadap PNG. Dalam hal ini Papua New Guinea adalah mitra perkuatan perekat bingkai NKRI, dalam konteks hubungan kerjasama pengamanan dan penyelesaian wilayah perbatasan kedua negara, yang telah diwadahi melalui lembaga Joint Border Committee (JBC).

       Upacara pemberangkatan tersebut dihadiri oleh Asisten Panglima TNI, Pangkotama dan Kabalakpus TNI, Asops Kasad, Kasdam IV/Diponegoro, para Kabalak di Jajaran Kodam IV/Diponegoro dan Ibu-ibu pengurus Persit KCK PD IV/Diponegoro

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Irjen TNI Mayjen TNI Geerhan Lantara Memberangkatan Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua New Guinea