TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jangan Manfaatkan Batasku Untuk Kegiatan Illegal

images_img_Pamtas_13082012bend

Menurut Dansatgas Pamtas Yonif Linud-305/17/1 Kostrad Letnan Kolonel Inf Elkines Villando DK, S. AP, perbatasan sangat rentan terhadap segala bentuk kegiatan illegal. Karena Indonesia memiliki beberapa pulau yang berbatasan dengan wilayah darat negara lain, diantaranya Papua yang berbatasan dengan PNG dan NTT yang berbatasan darat dengan Republik Timor Leste, serta Kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia.

Kalimantan terdapat 2 (dua) propinsi yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia antara lain propinsi Kalimantan Barat memiliki batas wilayah darat sepanjang 966 km dan Kalimantan Timur batas wilayahnya sepanjang 1.038 km, wilayah perbatasan sangat rentan terhadap segala bentuk kegiatan illegal yang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan pribadi, karena tindakannya sangat merugikan Negara.

Masyarakat perbatasan sangat membutuhkan kehadiran TNI yang diharapkan dapat membantu kesulitan masyarakat di perbatasan dengan bentuk kegiatan teritorial antara lain membantu mengajar di sekolah-sekolah, serta memberikan pengobatan gratis terhadap masyarakat.

Satgas Pamtas Yonif Linud-305/17/1 Kostrad mendapatkan kepercayaan dari Negara untuk menjaga kedaulatan batas wilayah Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia, disamping itu kegiatan illegal menjadi permasalahan yang sangat rumit sehingga membutuhkan kerjasama dari instansi terkait diantaranya kepolisian, bea cukai, imigrasi, dan karantina untuk mengatasi kegiatan illegal tersebut di atas.

Jangan Manfaatkan Batasku Untuk Kegiatan Illegal