TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1202/Sambas Koramil 05 Paloh Adakan Pembinaan Wanra di Perbatasan

By 07 Aug 2012 04:11Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_07082012wanra

Koramil 05 Paloh mempunyai yang wilayahnya tugasnya berbatasan langsung dengan Malaysia rutin melaksanakan apel pembinaan Wanra setiap bulan dalam rangka membina dan pengecekan personilnya. Apel rutin kali ini dilaksanakan didepan Makoramil 05  Paloh yang dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat (2-3/08/2012). Apel kali ini di ikuti oleh 20 orang anggota Wanra yang tersebar di 8 desa termasuk 1 desa Temajuk yang merupakan desa perbatasan di wilayah  binaan Koramil 05 Paloh.  Kegiatan Apel tersebut di isi dengan materi PBB, pengetahuan tentang batas Negara dan Temu cepat dan Lapor cepat guna melatih anggota Wanra utuk peduli terhadap lingkungan disekitarnya.

“Keberadaan Wanra disetiap Desa di Kecamatan Paloh sangat membantu sekali dihadapkan dengan tugas dan Tanggungjawab saya selaku Komandan Koramil yang mempunyai wilayah yang sangat luas serta berbatasan langsung dengan Negara Tetangga” ungkap Lettu Inf Taufik WR.  Dalam pembinaan disetiap desa para Babinsa dibantu oleh Wanra yang ada di desa binaannya, anggota Wanra yg menjadi binaan Koramil 05 Paloh rata rata warga yang mengabdikan dirinya kepada Negara sejak terjadinya pemberontakan PGRS/PARAKU tahun 1965 s.d 1975. “Mereka bergabung dengan TNI dalam menumpas pemberontak PGRS/PARAKU di Desa Temajuk Kecamatan Paloh Sambas sampai sekarang, mereka mengabdikan dirinya tanpa imbalan dan untuk perlengkapan seperti  pakaian, sepatu PDL, Draghrim, Kopel dan lain-lain nya kami dukung walaupun tidak semuanya baru, walau usia mereka rata-rata 45 tahun tetapi mereka mempunyai semangat yang tinggi dalam setiap berlatih” kata Taufik WR selaku Danramil Paloh melalui telpon.

Taufik menyampaikan Kecamatan Paloh yang menjadi tanggungjawabnya mempunyai luas wilayah      hektar dengan 8 desa binaan dan jumlah penduduk 23 ribu cacah jiwa, salah satu desa binaannya berbatasan langsung dengan Negara Malaysia yaitu desa Temajuk. Selain pembinaan terhadap Wanra koramil 05 Paloh juga aktif mebina para siswa/siswi SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Paloh dalam kesadaran berbangsa dan bernegara, beberapa Bintara Koramil terlibat langsung dalam membina Pramuka dan Paskibraka di SMP dan SMA Paloh.

Keberadaan Wanra di kecamatan Paloh sangat membantu sekali dalam setiap kegiatan di Desanya masing-masing, baik itu kegiatan yang berskala kecil maupun kegiatan yang berskala besar seperti kegiatan kunjungan 3 menteri sekaligus ke Desa Tamajuk pada awal 2011 untuk menyerahkan bantuan proyek Prasarana jalan dan renovasi RTLH ( Rumah Tidak layak huni ) serta baru-baru ini pesta rakyat diujung Negeri yang dilaksanakan di pesisir pantai Desa Temajuk semuanya berjalan lancar dan aman berkat peran aktif dari Wanra.(Pendam XII/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1202/Sambas Koramil 05 Paloh Adakan Pembinaan Wanra di Perbatasan