TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Misa Syukur Memperingati HUT Ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI

By 31 Aug 2012 09:01Dinas Pembinaan Mental
images_img_disbintalad_misa-syukur-2012

Misa Syukur dalam rangka memperingati HUT Ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan salah satu upaya meningkatkan keimanan nilai-nilai perjuangan 45 bagi umat Katolik di lingkungan TNI AD. Dalam kaitan tersebut sebagai realisasi Progja Disbintalad TA. 2012. Disbintalad menyelenggarakan Misa Syukur HUT ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI bagi Prajurit dan PNS jajaran TNI AD yang dihadiri pula anggota dari TNI AL, AU, Polri yang beragama Katolik di wilayah Gartap I/Jakarta serta para Purnawira. Dalam kesempatan tersebut bapak Menteri Pertahanan Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., MA.,Ph.D beserta ibu berkenan menghadiri misa.

Misa dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 31 Agustus 2012 pukul 09.30 WIB di Gereja Katedral Jakarta Pusat dipimpin oleh Uskup Katolik TNI Polri Monsinyur Ignasius Suharyo, didampingi oleh para imam/pastor yang bertugas di lingkungan TNI-Polri : Conctaintinus Celcus Winarno Harsodosuyatno MSF, Herbertus Warnoto Pr dan Yos Bintoro, Pr.

Misa terlaksana dengan aman, tertib, lancar dan khidmat, dihadiri kurang lebih 750 orang. Dalam Khotbahnya Uskup Monsinyur Ignasius Suharyo mengingatkan bahwa mewujudkan cita-cita berbangsa yang merdeka ternyata tidaklah mudah, membutuhkan kesungguhan, kejujuran, kerendahan hati, ketekunan, kesabaran dan konsisten. Pelaksanaan cita-cita kemerdekan tidak dapat sempurna, kalau tidak dibarengi usaha memerdekakan diri dari dosa. Iman kita mengajarkan bahwa manusia telah ternoda oleh dosa dan karenanya dikuasai oleh kekuatan dosa, sehingga cita-cita yang begitu bagus kerap diselewengkan oleh cinta diri, kepentingan diri, kelompok atau golongannya. Keadilan dan kejujuran. Bhakti sesama yang utuh dan penuh, perjuangan demi kesejahteraan bersama kadang menjadi sulit terlaksana dengan baik.

Maka kita mengharapkan di Negara Pancasila ini semua agama dan kepercayaan menjadi kekuatan moral yang membantu agar segalanya berjalan menurut semangat dan aturan main yang sebenarnya. Maka umat katolik di manapun berada hendaknya menganggap sesama warga negara yang beragama lain sebagai teman seperjalanan menuju Tuhan dan bersama-sama membangun masyarakat. (Disbintalad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Misa Syukur Memperingati HUT Ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI