TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pentingnya Disiplin Dalam Beribadah

By 10 Aug 2012 07:44Kodam V/Brawijaya
images_img_Kodam5_pendam5_jumat10082012

Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Murdjito membuka acara peringatan Nuzulul Qur’an 1433 H/ 2012 M dengan penceramah Drs. KH. Abdul Azis pada Jum’at (10/8) di Masjid Attaqwa Kodam V/Brawijaya.

Dalam tausiyah yang disampaikan salah satu dosen di Universitas Veteran Surabaya dalam acara Nuzulul Qur’an ini menyampaikan bahwa umat Islam dalam sikap, perilaku dan perbuatan harus sesuai dengan aturan dalam Al-Qur’an, hal sekecil apapun dalam kehidupan sehari-hari ada pedomannya. Sehingga dengan mengimplementasikan segala ajaran atau aturan yang terdapat dalam Al-Qur’an kita sebagai umat Islam tidak akan salah arah. Selain itu beliau mengingatkan untuk selalu introspeksi diri apakah selama ini sudah memanfaatkan/menggunakan waktu dengan baik dan benar untuk ibadah, bekerja atau istirahat.
 
Ustadz yang memiliki suara khas ini juga menyampaikan tentang disiplin. Dijelaskan bahwa dalam melaksanakan segala ibadah harus dengan disiplin karena tanpa disiplin pelaksanaan ibadah akan kurang maksimal dan terkesan asal-asalan. Misalnya dalam melaksanakan ibadah sholat, umat islam di wajibkan untuk tepat waktu dalam melaksanakannya sehingga inilah wujud dari penerapan disiplin dalam beribadah. Hal itu hanya sebagian kecil contoh dari disiplin dalam beribadah dimana disiplin tidak hanya diterapkan dalam ibadah tetapi dalam kegiatan dan kehidupan sehari-hari. Terutama bagi prajurit TNI dan PNS khususnya di Kodam V/Brawijaya agar selalu disiplin dalam bekerja untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Selain masalah disiplin beliau juga menyampaikan tentang masalah persatuan dan kesatuan bangsa yang akar dari hal itu adalah sikap saling menghargai dan memahami kelebihan dan kekurangan orang lain dengan tidak bersikap buruk sangka, menghujat, mencari kesalahan orang lain dan menganggap diri sendiri yang paling sempurna. Apabila kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari maka akan tercipta ketenangan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Sedangkan Pangdam V/Brawijaya dalam sambutannya mengatakan Al-Qur’an yang kita kenal saat ini bukan hanya sekedar sebagai simbol pelengkap pedoman umat Islam dalam kehidupan sehari-hari saja, bukan pula hanya sekedar   dibaca dengan alunan suara yang merdu dengan aturan tajwid semata, namun Al-Qur’an akan lebih bermakna bagi kehidupan kita, jika kita mau memahami dan mengamalkan isi kandungannya dengan baik, sehingga kita menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dalam arti yang sebenarnya.  Selanjutnya, terkait dengan kehidupan Prajurit dan PNS TNI AD, maka kita semua dituntut untuk dapat mengimplementasikan ajaran yang terkandung di dalam Al Qur’an. Sehingga kita dapat bertindak secara profesional dan mempunyai disiplin yang tinggi serta pengendalian diri yang baik yang pada akhirnya dapat memberikan ketenangan dan ketentraman bagi masyarakat dimanapun kita berada dan bertugas.   

Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini yang dihadiri oleh Kasdam V/Brawijaya, para Asisten Kasdam V/Brawijaya, para Komandan/Kepala Dinas Jawatan jajaran Kodam V/Brawijaya serta para anggota Kodam V/Brawijaya beserta keluarga besarnya ini mengambil tema “DENGAN HIKMAH NUZULUL QUR’AN 1433 H/ 2012 M KITA TINGKATKAN PROFESIONALITAS TNI, DISIPLIN DAN PENGENDALIAN DIRI GUNA MEMPERKOKOH PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA”. (Pendam V/ Dispenad).

 

Pentingnya Disiplin Dalam Beribadah