TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Wartawan Diikutkan dalam Latihan Puncak TNI AD

By 27 Aug 2012 06:05Dinas Penerangan
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pada tahun ini TNI Angkatan Darat mengadakan latihan Antar Kecabangan Tingkat Brigade TNI AD.  Latihan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus sampai dengan 4 September 2012 di Pusat Latihan Tempur Kodiklat TNI AD Baturaja Sumatera Selatan. Latihan terbesar selama 20 tahun terakhir ini mengambil tema “Brigade Tim Pertempuran melaksanakan operasi Militer untuk perang dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI”.

Pada kesempatan latihan puncak TNI AD yang melibatkan satuan Tempur, Satuan Bantuan Tempur,  Satuan Teritorial dan satuan Bantuan Administrasi ini, mengikutsertakan wartawan (Embedded Journalist), diharapkan wartawan dapat melihat dan meliput secara langsung kegiatan latihan ini,  yang selanjutnya untuk dipublikasikan melalui medianya sehingga masyarakat bisa mengikuti jalannya latihan, sebagai pertangungjawaban moral kepada masyarakat.  Embedded Media ini merupakan suatu hal yang baru di lingkungan TNI Angkatan Darat dan mempunyai nilai yang positif bagi TNI Angkatan Darat maupun wartawan sendiri sehingga perlu diwadahi dalam doktrin dan diujicobakan dalam Latihan Antar Kecabangan Tingkat Brigade tahun 2012.     

Wartawan akan diikutkan selama kegiatan latihan mulai dari Tanjungpriok sampai dengan acara puncak latihan. Kegiatan wartawan dalam peliputan  akan didampingi oleh perwira dari Satuan Tugas Penerangan (Satgaspen) sehingga wartawan dapat mengumpulkan sebanyak mungkin informasi latihan untuk kepentingan publikasi. Embedded Media yang ikut dalam kegiatan latihan ada 6 media TV dan 2 media cetak yaitu : Metro TV, TV One, MNC TV, Global TV, Trans TV, dan Trans 7. Sedangkan dari media cetak yaitu Majalah Gatra dan Harian Umum Pelita.

Mereka diberangkatkan dari Kolinlamil Tanjungpriok menggunakan KRI Teluk Menado untuk bergabung dengan pasukan yang akan berangkat ke daerah latihan, Minggu (26/8)

Untuk mendukung kepentingan publikasi Dispenad menyiapkan peralatan lapangan berupa mobil unit untuk melayani keperluan wartawan seperti internet, editing video, sehingga dapat memudahkan wartawan untuk mengirimkan hasil liputannya kepada medianya masing-masing. (Dispenad).

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Wartawan Diikutkan dalam Latihan Puncak TNI AD