Prajurit Berprestasi Terima Penghargaan

By 08 Aug 2012 02:28Kodam IX/Udayana
images_img_Kodam9_08082012pelda

Pangdam IX/Udayana  Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya memberikan Piagam Penghargaan kepada Prajurit berprestasi atas nama Pelda Melkior Nandi pada suatu acara seremonial di Lapangan Apel Makodam IX/Udayana pada Selasa (7/8).

Pelda Melkior Nandi adalah seorang Prajurit Kodam IX/Udayana kelahiran Manggarai Barat pada tanggal 13 Maret 1966 dan berdinas aktif di lingkungan TNI AD sejak tahun 1986 dan saat ini menyandang jabatan sebagai Babinsa Kelurahan Tangge,Koramil 1612/Lembor Kodim 1612/Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Pelda Melkior nandi sebelum diacarakan di Makodam IX/Udayana pada Senin (6/8) telah menerima penghargaan sebagai Prajurit berprestasi dari Kepala Staf TNI AD berupa “ Penganugrahan Kenaikan Pangkat Luar Biasa “ satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya yaitu dari pangkat Sersan Mayor menjadi Pembantu Letnan Dua yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Mabes TNI-AD. Penganugrahan kenaikan pangkat luar biasa seperti ini secara hukum diatur didalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 khususnya pada pasal 44 Ayat (1) dinyatakan “ SETIAP PRAJURIT YANG MEMPERTARUHKAN JIWA RAGA SECARA LANGSUNG DAN BERJASA MELAMPAUI PANGGILAN TUGAS DAPAT DIANUGRAHI KENAIKAN PANGKAT LUAR BIASA “.

Demikian pula halnya dengan Pelda Melkior Nandi yang menerima penghargaan tidak terlepas dari apa yang telah dilakukan sebagai panggilan tugasnya terutama berjasa dan berhasil melakukan tindakan kepahlawanan melampaui panggilan tugasnya tanpa memperdulikan keselamatan jiwanya dalam mencegah perusakan Polsek Lembor oleh masyarakat Desa Wae Bangka. Disaat yang menegangkan dan kritis seperti itu Pelda Melkior Nandi mampu tampil secara simpatik dan berhasil mencegah amuk massa yang dipicu oleh meninggalnya tahanan Polsek Lembor atas nama Arnold Hapong, hal ini dapat dicegah secara simpatik sehingga kerusakan Polsek Lembor dapat dielakkan atau diminimalisir.

Pada acara penyerahan Piagam Penghargaan yang digelar di lapangan apel Makodam Pangdam IX/Udayana mengucapkan selamat dan penghargaan  kepada Pelda Melkior Nandi  atas  prestasinya dan kenaikan Pangkat Luar Biasa yang diberikan oleh negara. Beliau juga menyampaikan acara pemberian Piagam Penghargaan yang  dilaksanakan ini  merupakan bentuk apresiasi dari Komando kepada Pelda Melkior Nandi yang telah mendapatkan kenaikan Pangkat Luar Biasa karena telah berjasa melampaui panggilan tugasnya.

Apa yang dilakukan oleh Pelda Melkior Nandi ini secara langsung dapat mengangkat citra TNI, khususnya Kodam IX/Udayana sehingga dapat dijadikan contoh  dan diharapkan dapat memotivasi anggota lain agar melakukan hal yang sama jika menghadapi situasi serupa di wilayah tugas masing-masing, untuk itu tumbuhkan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan tugas dalam ikut serta menciptakan situasi yang aman dan nyaman serta  senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan bisa menyatu dengan masyarakat (dimana bumi dipijak disana langit di junjung).

Acara penyerahan Piagam Penghargaan tersebut dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam  Para Kabalak, LO-AL, LO-AU dan para pejabat teras Kodam lainnya serta disaksikan oleh segenap peserta acara yang terdiri dari Barisan Pamern, Pama, Bintara dan Tamtama serta barisan Pegawai Negeri Sipil Makodam IX/Udayana.(Pendam IX/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Berprestasi Terima Penghargaan