Kodam XVI/Patimura

Rapat Koordinasi Penegasan Batas Daerah Di Provinsi Maluku

Oleh 30 Agu 2012 Tidak ada komentar
Rapat Koordinasi Penegasan Batas Daerah Di Provinsi Maluku
#TNIAD 

Rapat Koordinasi Penegasan Batas Daerah Di Provinsi Maluku

Pa Ahli Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Inf Rony S.W Tairas beserta Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Agus Firman Yusmono mewakili Pangdam XVI/Pattimura menghadiri Rapat Fasilitasi Koordinasi Penegasan Batas Daerah Provinsi  Maluku bertempat di Hotel Amans Ambon. Kamis (30/08).

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu menegaskan bahwa, di era tapal batas antar daerah sangatlah penting, berdasarkan Peraturan Pemerintah Pusat No 32 TA. 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan No 78 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan dan Pengabungan Daerah. Substansi batas daerah begitu sangatlah penting, karena belum ada kejelasan yang pasti. Oleh sebab itu kehadiran Dirjen Pemerintah Umum Kementerian Dalam Negeri Dr Made Suwandi Msos.sc dapat menjelaskan segala perselisihan yang berkaitan dengan masalah perbatasan serta isu adat, sosial antar masyarakat yang saling bersinggungan. Aspek – aspek itulah penyebab perselisihan tentang batas-batas daerah di wilayah Maluku. Wilayah Maluku sendiri terdapat empat (4) Wilayah batas darat yaitu masyarakat Maluku Tengah dengan Kota Ambon, Kepulauan Buru dengan Buru Selatan, Maluku Tengah dengan Seram Bagian Timur dan daerah Seram Bagian Barat dengan Maluku Tengah. Dengan diadakannya rapat ini bertujuan untuk membahas tentang pembentukan Daerah Otonomi dan penentuan penegasan batas Daerah Otonomi guna memperjelas batas-batas wilayah antar daerah agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Acara tersebut dihadiri oleh Wadanlantamal IX Ambon, Pejabat Pemda Maluku, Dirjen PUM, Kapustaswil Bakorsurtanal dan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Maluku. (Pendam 16/Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel