TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Saya Ingin Terus Mengukir Prestasi

By 07 Aug 2012 07:14Bilik Prestasi
images_img_kisahprajurit_07082012yongmodo

Penampilannya kalem tapi penuh enerjik, itulah sosok Serda Zainal Yunianto yang sehari-harinya bertugas sebagai Danmer 1 Ton 3 Rai Queen di Yon Arhanudse-6/Resimen Arhanud 1/Faletehan Kodam Jaya. Prestasinya cukup membanggakan dalam bidang Yoong Moodo yang merupakan salah satu cabang olahraga bela diri yang harus dikuasai oleh setiap prajurit saat ini.

Di saat Kodam Jaya menyelenggarakan penataran Yoong Moodo di Rindam Jaya dengan mendatangkan pelatih khusus dari Negeri Ginseng yang merupakan negara asal bela diri tersebut. Pada saat itulah anak dari seorang PNS inilah ditunjuk satuannya sebagai perwakilan untuk mengikuti penataran tersebut selama 5 bulan secara kontinyu dengan jadwal latihan yang sangat padat, yang dalam sehari harus melaksanakan latihan sebanyak 3 kali (pagi, siang, dan sore). Bersamaan dengan itu, bela diri ini ditetapkan sebagai salah satu olah raga bela diri yang wajib diikuti oleh pasukan-pasukan di satuan-satuan tempur.jajaran TNI Angkatan Darat.. Hal inilah yang menjadi dasar pertimbangannya untuk memilih bela diri Yoong Moodo karena kemampuan fisiknya.

Prajurit dari pasangan Buwang dan Sukiyem ini memang dari kecil menekuni olah raga karate, oleh karena itu cita-cita pemuda Bantul 24 tahun silam ini menjadi tentara terwujud ditambah dengan dukungan perawakannya yang cukup tinggi, besar dan fisik yang kuat. 

Sejak pemegang sabuk coklat ini beralih ke Yoong Moodo tanggal 23 April 2010, prajurit ini telah menghasilkan juara I kelas 80 kg piala Kasad  di GOR Ciracas, Jakarta Timur tahun 2010 dan Juara III kelas 85 kg the second Word Yoong Moodo Championships di Pohang Korea tahun 2011. Walaupun prestasinya baru seumur jagung, hal ini tidak menyurutkan prajurit lajang yang juga memiliki hobby volley untuk tidak pernah berhenti dalam mengejar prestasi di setiap event-event pertandingan, baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Apalagi ini telah mendapat dukungan dari Satuan Atas untuk pemenuhan sarana dan prasarana latihan serta program latihan dalam meningkatkan prestasi. Serta tak lepas pula dari dukungan keluarga berupa moril dan penyemangat yang menunjang agar hendaknya selalu dapat mengikuti event-event pertandingan di setiap kesempatan saat ini maupun di masa yang akan datang.

Ketika ditanya bagaimana konsep persiapan pembinaan atlet Yoong Moodo untuk prestasi yang baik, secara gamblang dijelaskan bahwa dalam pembinaan ini ada beberapa persyaratan yang tidak bisa ditinggalkan, diantaranya : 1. Atlet harus selalu dalam keadaan sehat, baik itu sehat jasmani maupun rohani, 2. Atlet harus mempunyai mental dan fisik yang selalu terlatih, 3. Atlet harus dapat menguasai teknik yang telah diajarkan pelatih dalam setiap materi yang diberikan dengan serius dan bersungguh-sungguh, 4. Sanggup untuk menguasai diri, dan 5. Tidak lupa untuk selalu berdo’a dan memohon do’a restu dari orang tua serta teman-temannya agar semua yang diinginkan dapat mencapai hasil yang memuaskan.

Akhirnya sebuah prestasi dapat dicapai , jika ditempuh dengan berlatih keras didampingi instruktur professional dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, serta keinginannya untuk diikutsertakan dalam penugasan ke luar negeri (Lebanon ataupun Kongo) seandainya dapat berprestasi lagi dimasa yang akan datang.  

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam XII/Tanjungpura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Saya Ingin Terus Mengukir Prestasi