TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sosialisasi PMPP TNI di Kodam III/Siliwangi

By 14 Aug 2012 06:04Kodam III/Siliwangi
images_img_Kodam3_14082012dam3

Pada awalnya pengiriman personel TNI dalam misi perdamaian dunia belum diwadahi secara khusus dalam suatu organisasi TNI. Pembentukan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI pada tahun 2007 merupakan jawaban dari keseriusan TNI dalam upayanya untuk selalu meningkatkan keefektifan serta profesionalisme prajurit TNI pada setiap misi yang dipercayakan oleh PBB.

Demikian disampaikan Komandan Pusat Misi Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI), Brigjen TNI Imam Edy Mulyono, M.Sc., pada acara Paparan PMPP TNI di Makodam III/Siliwangi, Senin (13/8). Hadir pada kesempatan itu, Irdam III/Siliwangi Kolonel Inf Robert R Lumempouw, Para Danrem, para Asisten dan Kabalak Kodam III/Siliwangi.

Selain itu menurut Brigjen TNI Imam Edy Mulyono, keterlibatan pasukan TNI dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia sesuai dengan ketentuan hukum nasional. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara menyebutkan bahwa salah satu tugas TNI adalah melaksanakan kebijakan pertahanan negara yang salah satunya ikut serta secara aktif dalam tugas pemeliharaan perdamaian regional dan internasional. Selanjutnya, Undang-Undang No.34 Tahun 2004 tentang TNI lebih mempertegas lagi dimana disebutkan bahwa salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang adalah Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia. Tentunya pelaksanaan dari penugasan tersebut selalu dilakukan sesuai dengan kebijakan politik luar negeri Indonesia serta ketentuan yang berlaku dalam hukum nasional.

” Kedepan PMPP TNI akan menjalin kerjasama dengan GPOI USAPACOM dan POTC ADF dalam melaksanakan latihan bersama dan kursus, Program pertukaran Sisawa dan pelatih dibawah AAPTC, Kanada, Australia dan Jerman, Program kunjungan VIP ke Negara PKC serta akan menjadi tuan rumah pertemuan C-34 di Jakarta”  ujar Imam Edy Mulyono .(Pendam III/Dispenad)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sosialisasi PMPP TNI di Kodam III/Siliwangi