TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Teror Yonif 733/Raider

By 29 Aug 2012 01:25Kodam XVI/Patimura
images_img_Kodam16_pembukaan-lat-teror_290812

Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Winston P Simanjuntak bertindak sebagai Irup pada Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Teror Yonif 733/Raider di Waiheru, Ambon, Senin (27/08).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suharsono, S.IP dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam menjelaskan, ’’Saat ini terorisme bukan hanya merupakan tantangan dan ancaman besar bagi bangsa Indonesia saja, tetapi juga bagi dunia Internasional, yang skalanya sudah luas dan lintas negara, sehingga tidak ada satupun negara di dunia yang luput dari ancaman terorisme. Mereka telah memiliki organisasi, jaringan teroris lintas negara dan modus operandi yang canggih. Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan terorisme tersebut, juga sungguh luar biasa, dapat berupa kerusakan umum, kekacauan massal, rasa takut yang meluas, timbulnya korban jiwa dan harta benda. Mengingat begitu vitalnya masalah penanggulangan teror tersebut, maka sangat diperlukan adanya satuan yang memiliki kekuatan pemukul seperti Yonif 733/Raider sebagai kekuatan penangkal yang kualitas keterampilannya harus teruji dan siap digerakkan setiap saat. Agar kemampuan profesionalitas satuan dapat terpelihara dengan baik, maka sangat diperlukan adanya latihan, yang bertujuan untuk menguji kesiapan satuan dan membekali para prajurit Yonif 733/Raider dalam rangka operasi penanggulangan terorisme, sedangkan sasarannya adalah terpeliharanya kemampuan satuan, diperolehnya data tingkat kesiapan tempur satuan, terukurnya hasil pembinaan latihan yang telah dilaksanakan serta diperolehnya data kemampuan satuan dalam rangka penyelenggaraan latihan yang akan datang”.

’’Perlu saya ingatkan, bahwa latihan ini merupakan latihan yang tidak ringan dan penuh dengan resiko, tapi saya yakin dan percaya kalian semua dapat menjalaninya dengan baik. Tentu hal ini tidak terlepas dari adanya kemauan dan tekad yang kuat, semangat juang, etos kerja, disiplin, dan profesionalitas yang tinggi serta keikhlasan kalian semua, dalam mengikuti latihan tersebut. Dikarenakan pentingnya latihan ini, maka saya mengharapkan kepada para peserta latihan untuk dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan materi dan sasaran yang ingin dicapai, sehingga kalian dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme yang tinggi dalam rangka penanggulangan teror. Untuk itu, seluruh prajurit harus dapat memanfaatkan latihan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga diharapkan seluruh peserta benar-benar dapat memahami tugas dan perannya dalam rangka penanggulangan teror”, jelas Pangdam dalam amanatnya.

Setelah upacara kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan latihan, kegiatan tersebut dihadiri Irdam, Danrem 151/Binaiya, Pa Ahli, Pa LO AU, Danrindam, para Asisten, Komandan Satuan dan Kabalak jajaran Kodam XVI/Pattimura. (Pendam XVI/PTM)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam XVI/Patimura Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam II/Sriwijaya Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XIV Hassanudin
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Teror Yonif 733/Raider