TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Acara Puncak Sail Morotai 2012

By 17 Sep 2012 03:11Kodam XVI/Patimura
images_img_Kodam16_17092012_morotai

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suharsono S.IP selaku Pangkoops PAM VVIP bersama Kapolda Maluku Utara Brigjen Polisi Ahwan Rehwanto selaku Wakapangkoops PAM VVIP mendampingi Gubernur Maluku Utara Thayib Armayin melaksanakan penjemputan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Nani Yudhoyono bersama rombongan tamu VIP lainnya bertempat di Bandara Leo Watimena. Sabtu (15/09).

 Event Internasional yang bertajuk Sail Morotai 2012 merupakan wujud kepercayaan Pemerintah Pusat terhadap potensi sumber daya alam khususnya laut yang sangat indah dimiliki Pulau Morotai serta merupakan The Memory Island, karena seperti diketahui bahwa Pulau Morotai pernah menjadi Pangkalan tentara Jepang dan Sekutu. Dalam sejarahnya, Pulau Morotai ini pernah menjadi lapangan terbang bagi Jepang selama PD II. Pulau ini kemudian diambil alih oleh Tentara Amerika Serikat pada September 1944 dan digunakan sebagai landasan serangan Sekutu ke Filipina pada awal 1945. Hingga kini cukup banyak benda-benda  peninggalan selama Perang Dunia ke II baik di daratan maupun di bawah laut, yang pada masa sekarang peninggalan tersebut merupakan aset bangsa Indonesia dan menjadi obyek wisata yang sangat menarik.

Acara puncak Sail Morotai diawali dengan tarian Soya-soya dan dilanjutkan sambutan oleh Gubernur Maluku Utara dan laporan Menkokesra H.R Agung Laksono, untuk pembukaannya dilakukan pemukulan Tifa oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang didampingi Ibu Nani Yudhoyono kemudian dilanjutkan penandatanganan Prasasti Monumen Trikora serta foto bersama Presiden, Ibu Nani Yudhoyono, Para Menteri, Panglima TNI, Para Kepala Staf Angkatan dengan para veteran PD II. Acara puncak ini juga dimeriahkan hiburan mulai dari persembahan lagu berjudul “Sail Morotai” oleh Penyanyi Melly Goesllow, Karnaval Budaya se-Provinsi Nusantara Bahari, demo terjun Payung gabungan TNI-Polri dan yang terakhir Sailling Pass di depan tribun kehormatan Presiden dan tamu undangan oleh Kapal Perang Indonesia dan Mancanegara berjumlah 21 kapal. Pada akhir acara Presiden menyempatkan untuk meninjau dan meresmikan Rumah Pintar Burung Bidadari.

Sebelum dilaksanakannya acara puncak Sail Morotai 2012 pada Sabtu 15 September 2012, dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu : Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya, Operasi Bhakti Kartika Jaya, Operasi Bhakti Pelangi Nusantara, Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari, Reli Kapal Yacht dengan Rute Darwin-Morotai, Seminar Nasional dan Internasional, Atraksi Budaya Pariwisata, Ekspedisi Kapal Riset Internasional tentang Pulau Terluar sampai pada acara puncaknya bertempat di Pelataran Pantai Juanga Morotai.

Acara Puncak Sail Morotai tersebut dihadiri Para tamu Undangan diantaranya Panglima TNI beserta seluruh Kepala Staf Angkatan, Menteri Perikanan dan Kelautan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Informasi dan Teknologi, Perwakilan Duta Besar Negara Amerika dan Jepang, para Veteran maupun keluarga Veteran Perang Dunia ke II yang tergabung dalam LVRI, Perwakilan Keluarga Korban Perang Dunia II dari Amerika, Jepang, Inggris dan Australia serta FKPPI Maluku Utara. (Pendam XVI/Ptm)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Acara Puncak Sail Morotai 2012