TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bhakti Sosial Satgas Yonif 123/Rw Pamtas RI-Malaysia Dalam Rangka Pekan Bakti dan Pratugas Tahap II dan III

images_img_dispenad_17092012dokter

Desa Marisi, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan menjadi lebih ramai dan meriah dari hari-hari biasanya. Pasalnya pada tanggal 1 s.d. 3 September di desa tersebut kedatangan Prajurit Yonif 123/Rajawali yang mengadakan bakti sosial, berupa pengobatan gratis, operasi bedah minor gratis, dan pengecatan 3 masjid di tiga dusun wilayah desa tersebut.

Danyonif 123/Rajawali menyampaikan bahwa  kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Satgas Yonif 123/Rajawali kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan dderajat kesehatan masyarakat dan semangat kehidupan spiritual masyarakat sekitar.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pratugas Tahap II dan III Yonif 123/Rajawali yang akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan darat Indonesia-Malaysia di Wilayah Kalimantan Barat yang akan diberangkatkan pada bulan Oktober 2012.

Kegiatan operasi pengamanan perbatasan nantinya, ± 60% merupakan  kegiatan pembinaan teritorial yang berupa  karya bakti, pelayanan kesehatan, kegiatan di bidang pendidikan, penyuluhan pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dll. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan bakti sosial ini, kemampuan pembinaan teritorial prajurit Yonif 123/Rajawali di medan operasi sesungguhnya nanti akan lebih terasah.

Bakti sosial ini mendapat respon yang cukup baik. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat dalam membantu kegiatan pembersihan dan pengecatan rumah ibadah dan juga hadir berbondong-bondong ke tempat pengobatan dan operasi bedah minor gratis.

Selama tiga hari, lebih kurang 300 warga yang datang berobat dan 6 diantaranya dilakukan operasi bedah minor. Salah satu warga, Bapak M. Siahaan (50 tahun) yang datang berobat, mengatakan bahwa beliau sangat berterima kasih atas kehadiran  prajurit Yonif 123/Rajawali ke desa mereka.

Rencana kegiatan bakti sosial  lainnya yang akan dilaksanakan ke depan adalah kegiatan pemasangan instalasi air, penambahan sarana madrasah, pengobatan gratis dan operasi bedah minor, sunatan massal, operasi katarak, bibir sumbing, serta pelayanan kesehatan KB. (Lettu Ckm Dr. Victorio Dokter Satgas Yonif 123/Rw Pamtas RI-Malaysia/Dispenad)

 

 

 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bhakti Sosial Satgas Yonif 123/Rw Pamtas RI-Malaysia Dalam Rangka Pekan Bakti dan Pratugas Tahap II dan III