TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 121/ Abw Buka Gladi Posko I Kodim 1202/Singkawang

By 06 Sep 2012 07:51Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_06092012_gladi-posko

Komandan Korem 121/Abw, Kolonel Inf. Binarko Sugihantyo, pada Rabu (5/9)) 2012, bertempat di Makodim 1202/Skw Jalan Ali Anyang, Singkawang membuka dengan resmi Gladi Posko I Kodim 1202/Skw. Upacara pembukaan dihadiri oleh undangan dari Unsur Forkopinda Singkawang dan Sambas, para Kasi Korem dan Dandim jajaran Korem 121/ABW, Danyonif 643/Wns, Kepala Dinas dan SKPD jajaran Pemkot Singkawang. Sedangkan peserta upacara terdiri dari unsur pelaku dan anggota Kodim 1202/Skw, personil Rindam XII/Tpr, Brigif 19/KH, Siswa SMA, SAR, Manggala Agni, BPBD, Satpol PP Pemkot Singkawang dan Pramuka dari Saka Wira Kartika binaan Kodim 1202/Skw.

Dalam amanatnya, Danrem 121/Abw menyampaikan Seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI Pasal 7 ayat 2 bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan dengan Operasi Militer untuk Perang dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantara tugas dalam OMSP adalah tugas membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Kodim 1202/SKW merupakan Komando Pelaksana Korem 121/ABW yang bersifat kewilayahan dan memiliki wilayah tanggung jawab di Kabupaten Singkawang, Sambas dan Bengkayang. Salah satu persoalan yang komplek di wilayah ini adalah Bencana Banjir. Guna kesiapan operasi dan kemampuan tugas satuan agar mendapat hasil optimal, perlu adanya pemeliharaan dan peningkatan kemampuan para unsur Pimpinan dan Staf Kodim 1202/SKW dalam melaksanakan prosedur penyelesaian masalah yang berkembang di wilayahnya secara profesional.

Hal ini dipertegas dengan Undang-Undang RI No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, dalam hal ini TNI khususnya TNI-AD secara sah terlibat dalam penanggulangan bencana yang diwadahi dalam organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Tentunya didalam pelaksanaan tugas-tugas itu dituntut kesiapan satuan yang tinggi, baik kesiapan personel yang berkaitan dengan profesionalitasnya, maupun kesiapan materiil yang berkaitan dengan kesiapan sarana yang digunakan untuk menyukseskan pelaksanaan tugas, serta kesiapan piranti lunak yang dijadikan pedoman pelaksanaannya. Untuk itu penyelenggaraan Geladi Posko I ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan komando pengendalian suatu operasi, dalam rangka menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang terjadi di wilayah.

Geladi Posko  I yang dilaksanakan  saat ini, mengusung Thema : ”Kodim 1202/Skw Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemda Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang”, oleh karena itu Danrem memberikan penekanan  kepada  seluruh peserta geladi agar memanfaatkan waktu geladi yang relatif  singkat ini seoptimal mungkin, laksanakan dengan penuh semangat dan penuh rasa tanggung jawab sehingga  Geladi Posko I Kodim 1202/Skw  dapat  berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan. 

Dalam laporan yang dibacakan oleh,  Pasilat Rem 121/Abw Mayor Inf. Dodik Novianto menyampaikan bahwa bahwa materi yang ingin dikembangkan adalah agar unsur Komandan dan Staf Kodim 1202/Skw mampu merencanakan permasalahan berkaitan dengan OMSP, khususnya manajemen penanggulangan bencana alam, dengan mempolakan “mapping strategis” pada masalah yang dihadapi agar dapat merencanakan, menyiapkan dan mengambil keputusan yang sesuai dengan permasalahan. Gladi Posko I ini diikuti oleh 40 orang peserta. Terdiri dari 15 orang penyelenggara dan 25 orang pelaku. (Pendam XII/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 121/ Abw Buka Gladi Posko I Kodim 1202/Singkawang