TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 121/ABW Tinjau 2 pos baru di perbatasan

By 18 Sep 2012 07:35Kodam VI/Mulawarman
images_img_Kodam6_18092012perbatasan

Pos-Pos perbatasan yang selama ini telah tergelar disepanjang garis perbatasan RI-Malaysia yang berada diwilayah Kalimantan Barat akan diperkuat dengan tambahan pembangunan Pos-Pos baru. Untuk TA. 2012, telah dibangun sebanyak 8 Pos dimana 2 Pos diantaranya dialokasikan untuk merelokasi Pos yang sebelumnya dilihat dari segi taktis dan strategis perlu dilakukan relokasi.

Danrem 121/Abw Kolonel Inf. Binarko Sugihantyo pada Rabu (12/9) melakukan kunjungan untuk melihat langsung sampai sejauh mana progresivitas pembangunan pos-pos tersebut disela kunjungan kerjanya ke Pos Perbatasan Temajuk, Sei Tengah, Sajingan dan Jagoi Babang yang saat ini diisi oleh Pasukan dari Yonif 305/Tengkorak Brigif Linud 17 Divisi 1 Kostrad.

Pos baru yang pembangunannya telah berjalan sekitar 70 % yaitu Pos KM.28 yang berada di Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas. Pos yang telah terbangun barak untuk prajurit tersebut masih menyisakan pembangunan kantor Pok Koki, Pos Depan dan menara tinjau. Pos KM 28 direncanakan akan ditempati oleh personil yang sebelumnya menempati Pos Berjongkong. Pertimbangan relokasi yaitu Pos KM. 28 tepat berada didepan jalan lintas yang sering digunakan masyarakat untuk melintas dari dan menuju Malaysia, juga Pos tersebut dekat dengan Garis Batas Negara (GBN) sehingga mudah untuk dilakukan pengawasan.

Pos selanjutnya yang ditinjau oleh Danrem 121/Abw yang juga sebagai Dankolakops Pamtas RI-malaysia yaitu Pos Sentabeng di Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang. Sebelum Heli yang ditumpangi Danrem beserta rombongan mendarat di lapangan SDN 15 Sentabeng, di perjalanan Heli melintasi Pos Saparan yang juga sedang dalam tahap finishing. Pos Sentabeng dan Pos Saparan tepat berada di depan rangkaian ketinggian Gunung Raya 1 yang merupakan Garis Batas Negara antara RI-Malaysia. 

Pos Sentabeng berada di ujung Desa Sentabeng yang yang berada di lereng Gunung Raya 1. Tiba di Pos yang pembangunannya telah selesai tersebut, Danrem 121/Abw melakukan peninjauan ke seluruh bangunan dan fasilitas yang ada di pos. Untuk menuju ke Pos, dari Helipad, Danrem beserta rombongan menumpang sepeda motor milik masyarakat. Danramil 1202-17 Kapten Inf. Nazirin beserta beberapa Babinsa dan Masyarakat ikut mendampingi dalam peninjauan ke Pos tersebut. Disampaikan oleh Danrem, Pos Sentabeng juga merupakan Pos yang akan ditujukan sebagai relokasi dari Pos Seluas yang sebelumnya dinilai dari segi taktis dan strategis kurang efektif dalam pengawasan garis batas, dikarenakan terlalu jauh dari GBN.(Penrem 121/Dispenad)

           

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 121/ABW Tinjau 2 pos baru di perbatasan